Yuk Mengenal Surface Marker Buoy

Surface Marker Buoy atau sering disebut diver below atau , Sossis atau blob. Apa saja panggilanya tujuanya adalah sebagai penanda lokasi. Surface Marker Buoy atau dapat disingkat SMB merupakan pelampung yang digunakan para penyelam dengan tambahan reel sebagai penghubungnya, untuk mengindikasikan bahwa pada radius area tersebut ada penyelam yang sedang melakukan aktivitas selam.

Surface Marker Buoy Realese

Principally, SMB dibagi menjadi 2 tipe jenis berdasarkan kegunaanya dan waktu pemasanganya, yaitu :

  1. Surface Marker Buoy (SMB). Pada dasarnya marker buoy ini berbentuk seperti pelampung apung dengan biasanya dilengkapi bendera selam diatasnya terikat tali yang terhubung pada pemberat di dasar perairan. Surface Marker Buoy biasa ditujukan sebagai pemandu penyelam saat melakukan descent maupun pemandu penyelam saat melaksanakan ascent. Pada zaman ini sekarang SMB mulai berkembang dimana penyelam dapat menarik tali dan seketika SMB bergerak kearah penyelam melakukan aktivitas menyelam, biasanya dilakukan pada saat melakukan penyelaman didaerah arus sehingga pengawas di boat dapat melakukan pengawasan dengan seksama.

Dive flag SMB UKSA 387

Surface Marker Buoy
Surface Marker Buoy
  1. Delayed Surface Marker Buoy (DSMB). Ini merupakan pelampung penanda yang biasa dibawa oleh para diver, itu yang sering nyantol di D-ring BCD penyelam. DSMB dapat dilepas pada situasi tertentu maupun pada saat tujuan tertentu. Contohnya pada saat naik kepermukaan, member tahu adanya masalah yang dihadapi penyelam kepada pengawas yang berada dipermukaan air.
Delayed Surface Marker Buoy

 

Secara kelengkapan seluruh pelampung penanda dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu DSMB model terbuka dan DSMB model semi terbuka.

  1. DSMB model terbuka pengisianya dengan cara memasukan udara melalui bagian bawah DSMB yang terbuka seperti pengisian balon pengisian ini dapat dilakukan dengan second stage regulator. Kelemahan dari DSMB tipe ini udara mudah tumpah sehingga menyebabkan penyelam harus menarik kembali DSMB dan melakukan deployment
  2. DSMB model semi terbuka memiliki lobang sepeti yang DSMB tipe terbuka, namun tipe ini memiliki one-way flap yang bertujuan sebagai pencegah udara tumpah , untuk pengisianya digunakan cara konvensional dengan meniupkanya.

Pelengkap lainya pada DSMB adalah Over Pressure Valve (OPV), ini sangat direkomendasikan oleh beberapa penyelam senior , karena dengan adanya OPV udara yang diisikan saat pada kedalaman dianggap berlebihan dapat di realese seiring denganberkuranganya kedalaman dan bertambahnya volume.

Selain mengenal SMB, DSMB atau pelampung penanda kenali juga perangkat pendukungnya yaitu tali dan reel:

  1. Finger spool – sangat direkomendasikan menggunakan ini –finger spool
  2. Guideline reelre4600
  3. Backup reel

diving reel uksa 387

 Safety precaution untuk melakukan deployment SMB beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  1. Latihan, berlatih dan terlatih, practice make it perfect
  2. Beri signal kepada buddy dan diver lain bahwa kita mau melepas DSMB kepermukaan
  3. Pastikan juga diatas kita tidak ada penyelam yang sedang melakukan aktivitasnya
  4. Maintain buoyancy, sebaiknya penyelam pada kondisi horizontal saat melepas DSMB . Tujuanya adalah agar situational awareness menjadi lebih tinggi serta keamanan saat finger spool
  5. Isi udara DSMB dengan udara secukupnya
  6. Perhatikan DSMB saat meluncur kepermukaan, tegangkan tali sesaat DSMB berada dipermukaan agar DSMB berdiri tegak menjulang keatas dan udara tidak tumpah
  7. Kunci tali spool agar tidak berantakan, sesaat kemudian dengan perlahan mulailah naik kepermukaan.

SMB dan DSMB

Beberapa permasalahan yang umum ditemukan pada saat melakukan deployement DSMB, antara lain yaitu:

  1. Diving reel atau tali spool kita mengalami macet karena adanya drag pada spool , untuk meminimalisirnya dapat dilakukan :
    • Gunakan dive reel yang sangat simple untuk memudahkan pelepasan DSMB, seperti finger spool
    • Lanyard, sebagai tambahan yang dapat digunakan untuk memastikan tidak ada peralatan yang terperangkap atau tersangkut sehingga membuatnya macet
    • Gunakan dua gulungan finger spool untuk mengantisipasi jika gulungan 1 gagal dapat langsung menggunakan gulungan berikutnya
  2. Bagian peralatan selam lain tersangkut pada tali DSMB yang mengakibatkan terlilitnya peralatan tersebut. Untuk menghindari itu penyelam dapat mengikatkan lanyard pada dasar perairan jika berada di dasar perairan agar jarak alat penyelaman lain terjaga.
  3. Bagian katup untuk pengisian udara untuk ditiup hilang atau tak sengaja hilang pada bagian DSMB. Hal ini sangat merugikan penyelam, namun dapat diatasi dengan menggunakan second stage untuk melakukan pengisian udara pada DSMB dengan tipe seperti ini.

UKSA 387 Realease SMB

Nah sekian pengenalan mengenai Surface Marker Buoy, kalian penyelam wajib memiliki ini dengan alasan safety first, semoga bermanfaat … Latihan terus membuat kapasitas diri meningkat dalam penyelaman. 😀

 

 

Sumber : forumselam.com

Leave a Reply