UKSA-387 UNDIP ROAD TO SOLO TECHNO PARK

Pada tahun ini, UKSA-387 UNDIP berkesempatan untuk melakukan studi banding. Studi banding kali ini kami berkesempatan untuk mengunjungi Solo Techno Park yang berlokasi di Jl. Ki Hajar Dewantara Kentingan, Kota Surakarta. Kawasan Solo Techno Park merupakan kawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kami berkesempatan untuk mengetahui lebih dalam mengenai Underwater Wet Welding.

Kami berangkat hari Jumat, 21 September 2018 pukul 09.30 WIB. Sebanyak 10 pengurus dan 4 anggota muda berangkat menuju Solo menggunakan mobil. Sesampainya di Solo pukul 12.00, kami menyempatkan diri untuk sholat Jumat terlebih dulu lalu melanjutkan perjalanan menuju Solo Techno Park.

Sesampainya di Solo Techno Park, kami disambut oleh Bapak Sutrisno selaku ketua Divisi Diklat dan kami dipersilahkan masuk menuju ruangan teori. Setelah itu, Ade Ramadanta selaku ketua UKSA-387 memberikan ucapan terima kasih karena telah disambut dengan baik dan menjelaskan maksud dan tujuan kami datang ke Solo Techno Park.

Bapak Sutrisno menyampaikan beberapa materi mulai dari sejarah Solo Techno Park, perkembangannya hingga sekarang, pembelajaran di Solo Techno Park, dan mengenai Underwater Wet Welding. Underwater Wet Welding dikhususkan untuk melatih tenaga spesialis pengelasan dalam air yang banyak digunakan dalam Maintenance & Repair pada floating structure, misal: kapal dagang, penumpang, dan kapal travel dan Floating Production, Storage & Off Loading. Pak Sutrisno menjelaskan 2 macam sertifikat UWW yang bisa diambil yaitu dengan jangka waktu 2 bulan dengan harga Rp 20.000.000 dan 3 minggu dengan harga Rp 11.000.000.

Setelah pemberian materi, kami memberikan plakat kepada pihak Solo Techno Park sebagai ucapan terima kasih. Setelah itu kami diajak untuk melihat workshop pelatihan Underwater Wet Welding. Disana kebetulan ada beberapa diver yang sedang berlatih, dan kami diajak untuk melihat dari atas serta dijelaskan bagaimana melakukannya beserta alat-alat yang digunakan. Kami juga berkesempatan untuk mengobrol dengan beberapa diver yang sedang melakukan latihan untuk mengetahui bagaimana keseruan Underwater Wet Welding menurut mereka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.