Sejarah

UKSA-387 secara resmi berdiri pada bulan Maret 1987 sebagai salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan terdaftar sebagai anggota resmi POSSI. Pada awal berdirinya, UKSA-387 dikategorikan ke dalam kelompok UKM air, yang di dalamnya juga terdapat cabang olah raga selancar, dayung dan renang. Namun pada perkembangan selanjutnya hanya UKM selam yang mempunyai perkembangan dalam kegiatan dan telah banyak mengikuti berbagai kejuaraan baik tingkat regional maupun nasional seperti kejuaraan Kapolri Cup pada tahun 1993 di Lombok dan pra PON pada tahun 2000, 2001 dan 2003.

Besarnya keinginan dan rasa penasaran serta kuatnya jiwa berpetualang di bawah air, membuat alumni pertama UKSA-387 yang terdiri dari Gatot (Hukum), Antok (Perikanan), Rifki (Kedokteran) & beberapa mahasiswa dari jurusan T.Sipil, berani untuk tampil membentuk UKM selam. Pada masa-masa awal ini hampir setiap bulan UKSA-387 mengadakan Ekspedisi ke berbagai pulau di jawa seperti Kep. Karimunjawa, P. Nusa Kambangan, P. Bawean, dan Kep. Seribu. Ekspedisi tak jarang pula dilakukan di luar P. Jawa seperti di Sanur, Nusa Penida di P. Bali. Selain itu UKSA-387 pernah mencicipi keindahan bawah air Gili Air, Trawangan, Meno, Sugiri, dan Lombok Timur, di P. Lombok serta P. Sumbawa.

Sebagai UKM yang baru terbentuk, tentu saja banyak kendala yang dihadapi oleh UKSA-387. Belum berkembangnya olah raga selam pada masa itu menyebabkan anggota UKSA-387 kesulitan dalam memperoleh peralatan selam, bahkan untuk sekedar masker dan snorkel. Namun hal ini tidak menyurutkan niat para pendahulu ini untuk terus bergerak. Kesulitan ini dapat diatasi dengan pergi berbelanja alat-alat selam ke Jakarta yang memang baru di sana saja yang menyediakan peralatan selam. Selain itu tak jarang anggota UKSA yang membuat snorkel sendiri dari pipa pralon.

Klub selam ini sejak berdirinya selalu menekankan serta memberikan pendidikan selam profesional yang dilandasi nilai kekeluargaan, kebersamaan, keberanian, serta rendah hati kepada seluruh anggota. Materi tersebut dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan antara lain fun dive, research dive, ekspedisi, SAR, serta jasa pekerjaan bawah air. Pendidikan tersebut diwujudkan melalui pelatihan maupun bekerjasama dengan instansi terkait.

1 Comment

  1. @UKSA387UNDIP : The story should be revised, please check again the name of head of UKSA-387 also the activities: http://uksa387.undip.ac.id/sejarah/

Leave a Reply