Diveducation

Saturation Diving, Apa Itu ?

Sekilas mengenai Saturation Diving, untuk menambah pemahaman dasar penyelam. Saturation diving atau penyelam saturasi merupakan salah satu teknik penyelaman yang […]

Sekilas mengenai Saturation Diving, untuk menambah pemahaman dasar penyelam.

Saturation diving atau penyelam saturasi merupakan salah satu teknik penyelaman yang memungkinkan penyelam terhindar dari efek mematikan seperti “bend” atau biasa yang disebut dekompresi sehingga mereka dapat bekerja di kedalaman yang sangat dalam dalam waktu yang lama. Memang ancaman dalam penyelaman bukan hanya terbatasnya ketersediaan udara untuk dapat melanjutkan kegiatan, kandungan nitrogen yang terserap tubuh ternyata juga menimbulkan gangguan dalam darah, yaitu terjadinya gelembung dalam darah, atau berbusa.

UKSA SATURATION DIVING

Saturation Diving

Hal ini mengacu kepada jaringan tubuh dari penyelam yang telah mengalami tekanan akibat tekanan parsial gas yang mengharuskan penyelam bernafas dalam tekanan tinggi. Setelah jaringan tubuh menjadi jenuh akibat hal tersebut tubuh penyelam akan mengalami dekompresi.

Untuk menghindari hal tersebut, penyelam hanya boleh melakukan pekerjaannya dalam beberapa jam saja, jika dalam waktu yang telah ditentukan penyelam tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya, maka mereka akan ditempatkan dalam sebuah bejana berbentuk diving bell, seafloor habitat, lock-out submersible atau biasa dikenal juga laboratorium bawah laut dengan tujuan untuk memepertahankan besar tekanan yang dialami penyelam selama menyelam. Pengembangan oleh para engineer dan dukungan dari para peneliti dan ahli fisiologi untuk mendefinisikan kemampuan fisiologis penyelaman.

Gaji untuk seorang penyelam yang bekerja dalam bidang saturation diving ini cukup mencengangkan yaitu 200US$/jam, bayangkan jika jam aktifnya hanya 6 jam selama 1 bulan. Namun resiko yang ditanggung juga bukan resiko yang main-main, resiko kematian sangat dekat dengan pekerjaan ini.

Untuk skema arsitek fasilitas saturation, sistem saturation biasanya terdiri dari Recompression chamber – RC, Supply Lock – SL, Living Chamber – DDC, Transfer Chamber – DTC, Personal Transfer Chamber – PTC. Seluruh sistem ini dapat ditempatkan di bawah laut ataupun di platform kapal, seluruh sistem dikelola oleh ruang kontrol dimana kedalaman, tekanan atmosfer ruangan, dan parameter sistem lainya dikendalikan. Dalam sistem ini juga terdapat sistem lift yang digunakan untuk mentransfer penyelam dari sistem ke tempat kerja mereka. Pada penyelesaian pekerjaan mereka, tim penyelam saturation secara bertahap kembali ke tekanan atmosfer dengan sistem ventilasi tekanan rendah yang berlangsung perlahan.

Saturation_system_schematic_plan

Skema Saturation System

Lift yang digunakan untuk mentransfer para penyelam dari sistem ke tempat pekerjaan mereka disebut sebagai PTC atau personal transfer capsule, alat ini biasanya dirancang untuk mengangkut 2 – 3 penyelam sekaligus. Setiap penyelam didukung udara lewat sebuah amblikel yang terhubung dari permukaan. Sistem dukungan udara ini biasa kita kenal juga sebagai sistem Surface Supplied Breathing Aparatus (SSBA).

PTC

Portable Transfer Capsule

Aquarius,merupakan salah satu laboratorium bawah laut dengan sistem lock-out submersibl, terletak dilepas pantai Florida. Aquarius memompa udara dari atas laut dan membawanya masuk untuk memungkinkan para penyelam mendapatkan “udara kering” di tempat tersebut.

020701-N-7479T-001

Ruang kontrol saturation system

 

Penyelam dapat tinggal di Aquarius selama dua minggu tanpa peralatan menyelam. Namun, baju menyelam dan oksigen harus digunakan kembali ketika mereka pergi keluar dari laboratorium untuk melanjutkan pencarian.

Pressurised_Chambers_for_Divers

Kamar para penyelam

Meskipun laboratorium ini membantu para penyelam menghindari “bends“, tetapi tetap saja hidup di rumah lebih nyaman daripada di Aquarius. “Hidup di Aquarius tidaklah romantis. Anda dapat dengan mudah mengalami infeksi pada kulit dan telinga. Tubuh Anda akan terasa lembab dan tidak pernah benar-benar mengering,” ujar M Dale Stokes, seorang ahli kelautan di University of California, San Diego, Scripps Institution of Oceanography di La Jolla, California.

Aquarius UKSA 387

Aquarius

 

Sumber :

NOAA, NOAA Diving manual , U.S. Department of Commerce and Best PublishingCompany, USA