Reportase Open Recruitment U-XXIII

Salam gelembung untuk para divers Indonesia! Kali ini UKSA-387 UNDIP telah kembali melakukan Open Recruitment (Oprec) Angkatan XXIII dalam rangka mencari dan mencetak generasi muda penerus UKSA-387. Tahapan open recruitmen ini dimulai dengan dibukanya pendaftaran pada tanggal 14 November – 3 Desember 2014 untuk calon angkatan XXIII yang bertemakan “How Dare Are You?” agar dapat membakar semangat para peserta untuk menjadi penyelam handal dan berjiwa besar, dan pada malam penutupan pendaftaran pada 3 Desember pukul 23.59 jumlah pendaftar mencapai 158 orang yang berasal dari seluruh  fakultas yang ada di Undip.

Tahap selanjutnya yaitu wawancara, yang diadakan pada tanggal 5-7 Desember 2014 yang bertempat di basecamp UKSA-387 di jalan gondang barat 4, disini peserta diberikan bermacam pertanyaan, baik itu tentang UKSA dan tentang selam serta mengapa mereka tertarik dengan selam untuk mengetahui seberapa besar niat dan minat peserta menjadi bagian dari keluarga UKSA-387.

Pengenalan Kolam

Setelah selesai mengenal peserta melalui wawancara, kini saatnya peserta diperkenalkan dengan hal-hal dasar untuk menjadi seorang penyelam handal, yaitu tahap pengenalan kolam yang bertempat di kolam renang Watugong, pada tanggal 13-14 Desember 2014. disini peserta di perkenalkan dengan teknik teknik dasar selam, yaitu pemanasan air yang terdiri dari, renang gaya bebas, pengaturan nafas minimal satu menit, upnoea, water trappen, dan juga ditanamkan sikap kedisiplinan sejak awal yang selalu ditanamkan sejak UKSA di dirikan.

Setelah pengenalan kolam tidak lupa diadakan latihan rutin agar ilmu-ilmu tersebut tidak hilang, latihan dilakukan pada tanggal 10-11 Januari 2015 dan 19-20 Januari 2015 yang bertujuan untuk memantapkan skill peserta.

Pendidikan Akademis Penyelaman

Pendidikan Akademis Penyelaman (PAP) yang menyisakan sejumlah 35 peserta ini diadakan di gedung widya puraya pada tanggal 22 Januari 2015. Pada PAP ini adalah sesi pembelajaran selam dasar berupa materi-materi pokok, berikut materi materi dasar tentang penyelaman, seperti fisika penyelaman, alat-alat penyelaman, teknik penyelaman, sejarah penyelaman serta biota laut yang bisa ditemui selama penyelaman, dan disini pula ada pemilihan coordinator untuk calon angkatan 23, awalnya ada 3 nama calon coordinator, dan pada akhirnya terpilihlah M. Dzakki dari Fakultas Hukum 2014 sebagai coordinator calon angkatan 23.

1424664567170

Latihan Keterampilan Kolam

Tahap selanjutnya adalah Latihan Keterampilan Kolam (LKK), dilaksanakan di kolam renang Watugong pada tanggal 26-28 Januari 2015 yang merupakan kelanjutan dari pengenalan teknik selam dasar, dengan jumlah 31 peserta. Pada tahap LKK terdapat materi  baru yaitu materi selam dasar, seperti fin swimming, entry, tuck dive and duck dive, set skin dan equalizing serta setting scuba, dan pada hari terakhir ada materi yang ditunggu-tunggu yaitu materi scuba.

DSC_0046

Dan pada tanggal 31 Januari diadakanlah tes LKK, untuk menguji sampai sejauh mana kemajuan skill peserta sebagai bahan pertimbangan menuju tahap berikutnya.

Pra Latihan Perairan Terbuka

Tahap terakhir peserta oprec calon angkatan XXIII sebelum dibawa kepulau adalah Pra Latihan Perairan Terbuka (Pra-LPT) yang diadakan di kolam renang Manunggal Jati, selama 3 hari pada tanggal 16-18 Februari 2015 dengan jumlah total peserta pada tahap ini ada 16 peserta. Berbeda dari latihan-latihan sebelumnya, disini peserta lebih diasah lagi kemampuan dasarnya dengan pemantapan skill berupa latihan scuba selama 3 hari tersebut pada kolam sedalam 6 meter, pemantapan teknik dasar selam, dan pengenalan kompresor sebelum siap diberangkatkan menuju penyelaman perairan terbuka, tidak lupa latihan juga disertai dengan games seru oleh panitia dan senior guna menambah kemampuan calon angkatan XXIII.

1424664570421

Setelah selesai dengan serangkaian tahap open recruitmen angkatan XXIII satu lagi rangkaian puncak yang ditunggu-tunggu, yaitu Latihan Perairan Terbuka untuk calon Angkatan XXIII.

Selamat datang anggota muda angkatan XXIII ! Salam hangat kami dalam menyambut keluarga baru penerus UKSA-387. LPT I (Latihan Perairan Terbuka I) angkatan muda XXIII UKSA-387 sebagai tahap akhir recruitment anggota muda telah dilaksanakan pada tanggal 11-16 April 2015  lalu di Pulau Tengah, Kepulauan Karimunjawa. Peserta LPT I berjumlah 10 orang yang berasal dari berbagai jurusan di Universitas Diponegoro. Selama kegiatan, peserta mendapatkan pelatihan penyelaman SCUBA serta materi yang berkaitan dengan penyelaman, seperti materi transplantasi karang, pengenalan biota laut, pengenalan peralatan selam, LIT, pengenalan organisasi UKSA-387 dan masih banyak lagi. LPT I kali ini sekaligus sebagai tahap sertifikasi selam A1 bagi para peserta dengan lisensi POSSI-CMAS.

IMG_7998

  • Hari I (Sabtu, 11 April 2015)

Rombongan UKSA-387 yang berangkat menuju Pulau Tengah berjumlah 50 orang terdiri dari peserta (anggota muda XXIII), panitia (angkatan XXII) serta senior-senior UKSA-387. Rombongan berangkat bersama menuju dermaga Kartini Jepara pukul 03.00 dini hari diiringi dengan doa dan pelepasan oleh wakil ketua UKSA-387 Sdr. M. Iskandar. Rombongan tiba di dermaga Kartini pukul 05.00 WIB. Kapal KMP Muria berangkat pukul 07.00 dan sampai pukul 12.00 di dermaga Karimunjawa. Perjalanan rombongan dilanjutkan dengan sopek menuju Pulau Tengah.
Sesampainya di Pulau Tengah, seluruh rombongan beristirahat sejenak, pukul 18.00 diadakan upacara pembukaan kegiatan LPT I, kegiatan ini resmi dibuka oleh Ketua UKSA-387 Sdr. Faruq Abdurrahman. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan makan malam  dan pembagian yel-yel angkatan serta individu.

  • Hari II (Minggu, 12 April 2015)

Keesokan harinya peserta dibangunkan pukul 04.30 untuk melaksanakan ibadah dilanjutkan dengan pemanasan darat dan pemanasan air sebagai persiapan mengawali aktivitas selama seharian penuh. Di hari kedua ini peserta mendapatkan materi penyelaman, kemudianmateri karang dan ikan karang yang mempelajari tentang karang dan ikan yang hidup disekitarnya, lalu adaAll About SCUBA dimana pengetahuan dasar mengenai SCUBA diving diulas lebih mendalam. Materiwater rescue dibimbing langsung oleh ahlinya, mempelajari cara menolong dan menangani korban. Pada pukul 12.00 peserta beristirahat dan makan siang. Materi kembali berlanjut pada pukul 13.00. Penyelaman kembali dilakukan di sekitar Pulau Tengah. Materi siang hari diantaranya Tourist Guide, pengenalan alat kompresor, serta pengenalan biota. Pengenalan biota dilakukan di kolam penangkaran hiu yang ada di Pulau Tengah dimana peserta dapat berinteraksi langsung dengan biota-biota tersebut.

IMG_1779

  • Hari III (Senin, 13 April 2015)

Sama seperti hari sebelumnya, peserta bangun pagi dan melakukan pemanasan darat serta air. Setelah sarapan pagi, peserta kembali menerima materi penyelaman. Di hari ketiga ini peserta mendapatkan materi underwater photography dimana peserta mempelajari dan memahami kamera underwater serta mempraktekkan penggunaannya secara langsung dengan objek foto biota laut. Materi selanjutnya adalah transplantasi karang dan All About UKSA. Materi All about UKSA memperkenalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan organisasi UKSA-387. Materi kemudian dilanjutkan setelah istirahat dan makan siang. Penyelaman kembali dilakukan, kali ini di sekitar tubir karang Pulau Tengah. Selanjutnya peserta diajarkan cara-cara bertahan hidup dalam  keadaan darurat dengan fasilitas yang disediakan alam dalam materi Survival. Peserta kemudian memperdalam pengetahuan tentang peralatan kompresor dan set scuba. Materi hari ketiga ditutup dengan LIT (Line Intersept Transect) yaitu pendataan karang dengan metode transek garis.

  • Hari IV (Selasa, 14 April 2015)

Di hari keempat, peserta mendapatkan materi coastal clean up dan underwater clean up sekaligus membersihkan pantai dari sampah maupun benda berbahaya.Peserta kemudian diberi kesempatan untuk berlatih teknik Buddy Breathing guna melatih komunikasi dan ketenangan sebagai seorang penyelam.

  • Hari V (Rabu, 15 April 2015)

Selain dituntut untuk memiliki skill yang memadai sebagai penyelam, anggota muda XXIII pun diajarkan pula tentang sikap-sikap dasar yang diperlukan anggota untuk bergabung dengan UKSA-387, oleh karena itu diadakanlah materi tambahan yang terbagi menjadi empat pos, yaitu, pos kepemimpinan, pos moti vasi, pos loyalitas serta pos sharing. Selanjutnya adalah kegiatan coastal clean up yang dilakukan sepanjang pantai Pulau Tengah sebagai implementasi dari materi yang telah diberikan di hari sebelumnya. Pada hari kelima ini peserta mendapatkan kesempatan untuk menikmati keindahan karang di Pulau Tengah dengan melakukan fin swimming mengitari Pulau Tengah. Pukul 15.00 seluruh peserta telah kembali ke dermaga dan segera bersiap-siap untuk acara pelantikan sore harinya. Acara pelantikan dilaksanakan pukul 18.30 yang dihadiri oleh Ketua UKSA-387, Wakil Ketua UKSA-387, Pengurus Inti, Dewan Penasehat serta senior-senior UKSA-387. Acara ini bertujuan untuk melantik angkatan XXIII sebagai anggota muda serta angkatan XXII (panitia) sebagai pengurus harian di UKSA-387. Acara dilanjutkan dengan makan malam dan istirahat.

  • Hari VI (Kamis, 16 April 2015)

Hari terakhir merupakan perjalanan kembali menuju Semarang. Seluruh rombongan bersiap untuk packing. Pukul 03.00 WIB, seluruh rombongan berangkat meninggalkan Pulau Tengah menaiki sopek menuju dermaga Karimunjawa. Pukul 07.00 WIB Kapal KMP Muria berangkat menuju Jepara dan tiba pukul 12.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menggunakan bis menuju basecamp UKSA-387. Pukul 15.00 seluruh rombongan tiba di basecamp disambut oleh anggota UKSA-387 yang ada di Semarang. Acara dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh Ketua UKSA-387 dan diselingi dengan pertunjukkan yel-yel angkatan XXII serta yel-yel pribadi peserta selama di Pulau Tengah.

IMG_6872

Selamat kepada 10 orang yang telah berhasil menjadi anggota muda angkatan XXIII UKSA-387 UNDIP.

  1. Bettarianda Nur Cahyani (Ilmu Kelautan 2014)
  2. Aninta Husna (Hukum 2014)
  3. Inggrid Debora Hutagaol (Ilmu Kelautan 2014)
  4. Muhammad Dzakki Abdurrohim (Hukum 2014)
  5. Muhammad Ilham (Perikanan 2013)
  6. Fatra Hidayat (Ilmu Kelautan 2014)
  7. Debora D. J. F. (Perikanan 2014)
  8. Sri Novita (Ilmu Kelautan 2014)
  9. Ashfa Mahabbati (Perikanan 2014)
  10. Putranto Kondang Wijaya (Ilmu Kelautan 2013)

Oleh : Amelia (U-XXII)

One Reply to “Reportase Open Recruitment U-XXIII”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.