Reportase LPT I Anggota Muda XXIV

Peserta Open Recruitment Calon Angkatan XXIV UKSA-387 telah sampai ke tahapan akhir Open Recruitment yaitu Latihan Perairan Terbuka I (LPT I). Latihan Perairan Terbuka I tahun ini diadakan pada tanggal 14 -18 Maret 2016 di Pulau Kecil, Karimunjawa. Peserta Calon Angkatan XXIV yang akan melaksanakan tahapan LPT I telah melalui rangkaian wawancara, pengenalan kolam, latihan wajib, pendidikan akademis penyelaman (PAP), latihan keterampilan kolam (LKK) dan pra-latihan perairan terbuka. Latihan Perairan Terbuka I ini merupakan rangkaian terakhir dari Open Recruitment UKSA-387, dimana setelah melalui tahapan ini peserta akan dilantik menjadi Angkatan Muda XXIV UKSA-387.

Senin, 14 Maret 2016

Pukul 01.00 WIB dinihari peserta Calon Angkatan XXIV mengikuti apel pelepasan Latihan Perairan Terbuka I oleh Ketua UKSA-387 yaitu Riyan Rifaldi (U-XXII) di Basecamp UKSA-387. Ape ini dihadiri oleh peserta LPT I, panitia LPT, Pengurus UKSA-387 dan para senior. Setelah apel pelepasan, peserta berangkat menuju dermaga kartini Jepara dari Basecamp UKSA-387 pada pukul 02.00 WIB menggunakan 3 bus kecil. Sekitar 3 jam perjalanan, bus kecil peserta tiba di dermaga pada pukul 05.00 WIB. Setiba di dermaga peserta melaksanakan sholat subuh, makan dan persiapan pemindahan alat menuju kapal penyebrangan. Pukul 06.30 WIB kapal penyerangan dari dermaga kartini Jepara menuju dermaga Karimunjawa diberangkatkan. Penyebrangan dari Jepara menuju Karimunjawa memakan waktu sekitar 6 jam. Pukul 12.00 WIB kapal penyebrangan sampai di dermaga Karimunjawa dan rombongan melaksanakan ishoma sejenak. Sekitar pukul 15.00 WIB rombongan kapal kecil tersebut sampai di Pulau Kecil, Karimunjawa, rombongan langsung memindahkan alat perlengkapan yang dibawa dan mengondisikannya pada lokasi Pulau Kecil. Seaat tiba di Pulau Kecil, peserta dan panitia membangun tenda dan memposisikan alat perlengkapan yang dibawa pada pulau tersebut. Pukul 16.00 WIB dilakukan apel pembukaan Latihan Perairan Terbuka I di Pulau Kecil sekaligus pembacaan peraturan peserta dan pembagian kaos lapangan LPT I. Setelah apel peserta melakukan sholat dan makan. Setelah makan, peserta bersama-sama membuat yel-yel angkatan dan pemberian yel-yel individu. Pada pukul 22.00 WIB peserta diistirahatkan.

Selasa, 15 Maret 2016

Pada hari kedua, peserta bangun pada pukul 04.30 WIB dan bergegas melaksanakan sholat subuh. Seusai sholat peserta kumpul di pantai dan melaksanakan pemanasan darat didampingi oleh panitia, pengurus dan senior. Setelah melakukan pemanasan darat, dilanjutkan melakukan pemanasan air didepan dermaga, pemanasan air berupa water trappen, renang, upnoea dan diakhiri dengan pengaturan napas. Setelah melakukan pemanasan air, peserta melakukan sarapan bersama panitia, pengurus dan senior. Setelah sarapan peserta diberi materi sesi 1, Pertolongan Pertama , All About SCUBA dan SCUBA. Pemberian materi selesai pukul 12.00 WIB dilanjutkan dengan ishoma. Setelah ishoma, peserta mendapatkan materi sesi 2 berupa Pengenalan Biota, Karang dan Ikan Karang, Survival dan SCUBA. Seusai pemberian materi, peserta melakukan pencucian alat SCUBA yang telah digunakan hari ini dilanutkan dengan makan malam. Peserta diistirahatkan pada pukul 22.00 WIB.

Rabu, 16 Maret 2016

Hari ketiga, peserta bangun seperti biasa, kemudian melakukan pemanasan darat di pantai dan pemanasan air, water trappen,upnoea, pengaturan napas dan renang, di depan dermaga. Setelah melakukan pemanasan darat dan air, peserta melakukan sarapan bersama panitia, pengurus dan senior, dilanjutkan dengan pemberian materi. Materi sesi 3 berupa SCUBA,All About UKSA, Coastal Clean Up dan Transplantasi Karang. Pemberian materi usai pada pukul 12.00 WIB, kemudian peserta melaksanakan ishoma. Setelah itu peserta diberikan games sampai pukul 18.00 WIB kemudian dilanjutkan makan malam dan sholat. Pukul 22.00 WIB peserta diistirahatkan.

Kamis, 17 Maret 2016

Pada hari keempat, peserta dibangunkan pada pukul 01.00 WIB kemudian peserta masuk ke Pos Sharing dengan panitia, pengurus, senior dan instruktrur hingga pukul 06.00 WIB. Lalu peserta melakukan pembersihan pantai atau coastal clean up dan dilanjutkan dengan sarapan. Seusai sarapan peserta diistirahatkan untuk tidur dan dibangunkan kembali pada pukul 12.00 WIB. Setelah bangun peserta makan siang bersama dan dilanjutkan dengan Snorkling mengelilingi Pulau Kecil. Selanjutnya peserta makan malam bersama dan melaksanakan Pelantikan Anggota Muda Angkatan XXIV UKSA-387 di Pulau Kecil bersama panitia, pengurus, dan senior. Kemudian peserta diistirahatkan.

Jum’at, 18 Maret 2016

Pada hari kepulangan, peserta bangun pada pukul 04.30 WIB dan bergegas packing semua alat yang dibawa. Perjalanan menuju Semarang dimulai pukul 13.30 WIB. Tibalah rombongan di basecamp sekitar pukul 20.00 WIB dilanjutkan dengan apel penutupan LPT I secara resmi oleh Ketua UKSA-387 dan diselingi dengan pertunjukkan yel-yel angkatan XXIV serta yel-yel pribadi peserta selama di Pulau Kecil, Karimunjawa. Seusai apel penutupan seluruh peserta dipulangkan kembali ke rumah masing-masing.

Selamat kepada 22 orang yang telah berhasil menjadi Anggota Muda XXIV UKSA-387 UNDIP

  1. Ade Ramadanta Budi (Ilmu Kelautan)
  2. Adrian Pratama (Ilmu Kelautan)
  3. Ahmad Humam Harjono (D3 Teknik Perkapalan)
  4. Aisa Effa Riskiyani (Perikanan)
  5. Angra Shafira Savana (Ilmu Kelautan)
  6. Danang (Perikanan)
  7. Farras Daffa Imtiyaz (Biologi)
  8. Fran Ciputra Tambunan (Ilmu Kelautan)
  9. Ivana Krisdanti (Ilmu Kelautan)
  10. Izzudin Nadzir Ismail (Teknik Perkapalan)
  11. Meisa Aulia Rahma (Ilmu Komunikasi)
  12. Muhammad Waliyuddin (Ilmu Kelautan)
  13. Ni Komang Sri Andayani (Ilmu Kelautan)
  14. Pradnya Kirana Dewi (Biologi)
  15. Roy Richgeri Sonlin (Perikanan)
  16. Sayyidah Robi’ah (Ilmu Kelauan)
  17. Shadillah Sekar Pratiwi (Perikanan)
  18. Sharla Humaira (Fisika)
  19. Siti Zubaedah (Ilmu Kelautan)
  20. Sonny Rieldo Damanik (Ilmu Kelautan)
  21. Tri Gustian Sinaga (Ilmu Kelautan)
  22. Vidzar Fahrurozi (D3 Teknik Perkapalan)

 

Oleh : Ashfa Mahabatti (U-XXIII)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.