Reportase LPT 1 Angmud XXV

Senin, 20 Maret 2017,
Calon UKSA-387 Angkatan XXV sejumlah 22 orang berangkat dari basecamp UKSA-387 Semarang menuju Pulau Panjang Jepara guna menjalankan tahapan akhir dari Open Recruitment yaitu Latihan Perairan Terbuka I. Pelepasan Calon Anggota Baru dipimpin oleh Muhammad Ilham selaku Ketua UKSA-387 Undip dan di damping oleh Instruktur I, Ir. Amiruddin M.Par. Kegiatan Perairan Terbuka ini bertujuan agar Calon Anggota Baru dapat secara langsung menerapkan kegiatan sebelumnya langsung di laut.

Pada kegiatan di alam, materi yang diberikan selain menjadi bekal dalam penyelaman juga diberikan materi lain agar para Calon Anggota Baru dapat menjadi penyelam yang baik dan safety. Materi tersebut meliputi Survival, Water Rescue dan PPGD, Ikan dan Karang, LIT, Tour Guiding, Pendalaman Alat SCUBA, dan Coastal Clean Up.

Selasa, 21 Maret 2017
Kegiatan penyelaman hari pertama diawali dengan pemanasan bertempat di tepi pantai Pulau Panjang, Jepara. Setelah pemanasan Calon Anggota UKSA-387 Angkatan XXV dibagi menjadi 4 tim. Dengan pembagian 1 tim Scuba dan 3 tim materi darat (Karang, Pendalaman Alat Scuba dan All About Scuba ) untuk sesi pertama.
Pada sesi kedua setelah Ishoma, dilakukan penyelaman kedua dan materi darat Survival, Pengenalan Biota dan Setting Kompre dengan sistem pembagian 4 tim.

Rabu, 22 Maret 2017
Kegiatan penyelaman hari kedua seperti hari pertama, diawali dengan pemanasan bertempat di tepi pantai Pulau Panjang, Jepara. Setelah pemanasan Calon Anggota UKSA-387 Angkatan XXV dibagi menjadi 4 tim yaitu tim Scuba dan tim materi darat (Transplantasi Karang, Tour Guiding dan All About UKSA-387 ) untuk sesi pertama. Sedangkan sesi kedua bermaterikan Ikan Karang, Water Rescue dan PPGD.

Kamis, 23 Maret 2017
Kegiatan penyelaman hari terakhir terdapat materi darat seperti hari sebelumnya yaitu Dive Plan, Coastal Clean Up dan LIT. Pada hari terakhir penyelaman dilakukan juga simulasi pendataan karang (didarat) melalui materi LIT dan penggolongan sampah pada Coatal Clean Up.

Jumat, 24 Maret 2017
Pada hari ke-5, Calon Anggota Baru dipersiapkan untuk kegiatan fins swimming untuk mengenalkan diri pada lingkungan penyelaman. Selain itu, sebagai pembakalan dalam menjadi leader yang mempunyai tanggungjawab untuk satu rombongan fins swimming.
Malam hari merupakan malam puncak dari kegiatan yaitu Pelantikan Anggota Muda Angkatan XXV sebanyak 22 orang dilantik oleh Ketua UKSA-387 periode 2017/2018, Muhammad Ilham dan Pengurus periode 2017/2018 sebanyak 29 orang yang dilantik oleh Instruktur I, Ir. Amiruddin M. Par. Berikut adalah daftar Anggota Muda XXV yang dilantik :

1. Ahmad Annas Nururrozia S1 Ilmu Kelautan
2. Andy Setya Permadi S1 Teknik Perkapalan
3. Ashoka Wira S1 Teknik Perkapalan
4. David Chandra S1 Teknik Perkapalan
5. Defi Puspita Sari S1 Ilmu Kelautan
6. Devi Yuni Sari Sihombing S1 Oseanografi
7. Dinda Ayu Octaviana S1 Oseanografi
8. Fadil Muhtadi Karsono S1 Oseanografi
9. Gandang Herdananto S1 Ilmu Kelautan
10. Hani Nuraini S1 Akuakultur
11. Malvinvito S1 Matematika
12. Mohamad Amien Rois S1 Ilmu Kelautan
13. Mohammad Fajrin Ramadhon S1 Biologi
14. Muhammad Ramadhan S1 Oseanografi
15. Muhammad Sababa Alhaq S1 Oseanografi
16. Pedri Caca Cicilia Sitepu S1 Ilmu Kelautan
17. Reinicha Agni Puspitarini S1 Ilmu Kelautan
18. Syafrei Adi Iskandar S1 Oseanografi
19. Tabitha Rudang S1 Akuakultur
20. Wilhelmina Simulingga S1 Ilmu Kelautan
21. Yefta Olivia Siahaan S1 Ilmu Kelautan
22. Yudhistira Dwi Putra S1 Teknik Perkapalan

Sabtu, 25 Maret 2017
Pada pukul 09.00 WIB Anggota Muda Angkatan XXV beserta Pengurus periode 2017/2018 meninggalkan Pulau Panjang, Jepara dan melakukan perjalanan pulang menuju kota tercinta, Semarang. Alhamdulillah baik Anggota Muda, Pengurus maupun Senior yang mengikuti kegiatan selama di Pulau Panjang, Jepara sampai dalam kondisi sehat dan baik.

Oleh : Angra Syafira (U-XXIV)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.