Warta

Reportase Latihan Perairan Terbuka II “SAR and Stranded Management”

Pada tanggal 21-24 Juni 2014 lalu berlokasi di Kampus Marine Station Teluk Awur, Jepara dan Pulau Panjang, Jepara ke-24 anggota […]

Pada tanggal 21-24 Juni 2014 lalu berlokasi di Kampus Marine Station Teluk Awur, Jepara dan Pulau Panjang, Jepara ke-24 anggota muda UKSA-387 angkatan XXII melaksanakan acara Latihan Perairan Terbuka II (LPT-II) yang bertemakan “SAR and Stranded Management”. Dalam LPT-II para peserta mempelajari bagaimana memanajemen keadaan ketika menjadi seorang korban ataupun menjadi seorang penolong (SAR) ketika berada di laut. Peserta LPT-II berjumlah 35 orang yang terdiri dari anggota muda UKSA-387 angkatan XXII, mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, dan mahasiswa dari Universitas Atmajaya Yogyakarta.

berangkat

Hari I (21 Juni 2014)
Hari pertama dibuka dengan doa dan upacara pelepasan oleh Senior UKSA-387 Sdr. Andro Ananda (U-XIV) sebelum keberangkatan menuju Teluk Awur Jepara pukul 14.00 WIB. Rombongan tiba di Asrama Mahasiswa Kelautan Teluk Awur Jepara pada pukul 17.30 WIB. Sebelum para peserta beristirahat, dilaksanakan Upacara Pembukaan LPT-II “SAR and Stranded Management” yang dibuka oleh Sdr. Bondan Purworo Atmojo (U-XIX) berlanjut dengan perkenalan dan sharing pengalaman semua peserta di Asrama Kelautan Gedung C.

Hari II (22 Juni 2014)
Keesokan paginya peserta bangun pukul 04.30 WIB untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah dan senam aerobik di lapangan basket asrama kampus, dilanjutkan dengan persiapan keberangkatan dan sarapan pagi. Selanjutnya rombongan peserta menuju Kampus Kelautan Teluk Awur, Jepara untuk menerima materi ruangan dimulai pada pukul 07.15 WIB yang diberikan oleh: ORARI (Radio Communication), TNI-AL (Navigation dan Stranded Management) dan PMI (Pertolongan Pertama).

indoor
Setelah selesai materi ruangan, semua peserta kembali ke asrama pada pukul 16.00 WIB untuk beristirahat dan melanjutkan acara pada pukul 18.15 WIB di asrama gedung C untuk menerima materi terakhir “Mitigasi Bencana” dan sekaligus briefing SAR untuk materi lapangan keesokan harinya yang disampaikan oleh BPBD dan SARDA Jateng. Setelah acara selesai dilanjutkan dengan makan malam bersama di depan api unggun dan hiburan akustik.

Hari III (23 Juni 2014)
Di hari ketiga ini peserta melakukan pemanasan dengan melakukan lari pagi dari asrama menuju dermaga Teluk Awur, dan memulai materi lapangan pertama yang disampaikan perwakilan dari TNI-AL mengenai Stranded Management pukul 08.00 WIB dan diakhiri dengan makan siang dan sholat dzuhur di dermaga.stranded 1

stranded 2

Berlanjut ke materi kedua dari SARDA Jateng mengenai pengenalan peralatan rubber boat dan teknik evakuasi darat. Di materi ketiga peserta dibagi menjadi 3 kelompok terlebih dahulu yang kemudian ditempatkan di 3 pos dengan materi yang berbeda, yaitu: dayung, mengemudikan rubber boat, dan liftboat. Setelah menerima materi lapangan, peserta dan panitia membersihkan semua peralatan yang digunakan sebelum kembali asrama untuk istirahat.

rubber boat 1

dayung

Hari IV (24 Juni 2014)
Hari terakhir kegiatan LPT-II merupakan puncak acara dimana peserta melakukan penyeberangan dari Pulau Panjang ke Teluk Awur Jepara. Pagi hari pukul 07.30 WIB rombongan peserta, panitia, senior UKSA-387 dan SARDA Jateng berangkat dari dermaga Teluk Awur ke Pulau Panjang. Sesampainya di Pulau Panjang, peserta melakukan pemanasan darat yang dipimpin langsung oleh pihak SARDA Jateng. Penyeberangan pun dimulai menuju dermaga Teluk Awur. Sesampainya di dermaga, para peserta disambut meriah oleh para senior UKSA-387 dan tim SARDA Jateng yang telah datang terlebih dahulu.

fin swimming
Setelah penyeberangan Pulau Panjang – Teluk Awur, para peserta kembali ke asrama kelautan untuk persiapan keberangkatan pulang ke Semarang. Sebelum keberangkatan dilakukan acara penutupan resmi oleh Wakil Ketua UKSA-387 Sdri. Amalia Aininnur (U-XX) yang menandakan berakhirnya acara Latihan Perairan Terbuka II (LPT-II) di Teluk Awur Jepara dan Pulau Panjang Jepara. (Rivan/U-XXII)

Leave a Reply