Warta

Reportase DIVENTURE 2013

Halo buddies! Salam Gelembung dari kota Lumpia. Awal Oktober lalu, tepatnya 1-8 Oktober 2013 telah berlangsung kegiatan sertifikasi selam nasional […]

Halo buddies! Salam Gelembung dari kota Lumpia.

Awal Oktober lalu, tepatnya 1-8 Oktober 2013 telah berlangsung kegiatan sertifikasi selam nasional “DIVENTURE 2013” yang diselenggarakan oleh UKSA-387. Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi, yaitu Semarang dan Kep.Karimunjawa. Sertifikasi tahun ini didominasi oleh kalangan mahasiswa Undip, namun ada juga yang peserta umum yang jauh-jauh datang dari Purwokerto dan Palembang.

THE EVENT

Kegiatan kami berawal dari Pendidikan Akademis Penyelaman (PAP) tanggal 1 Oktober. Tahapan ini diikuti oleh seluruh peserta sertifikasi yang berjumlah 13 orang. PAP ini dilaksanakan selama satu hari penuh di Aula Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro Tembalang. Pemateri yang hadir di PAP yaitu Instruktur UKSA-387  Bonifacius Arbanto, Bapak Agus Trianto serta Sdr. Andro Ananda menyampaikan materi tentang Sejarah Penyelaman, Peralatan Selam, Fisika Penyelaman, Lingkungan Penyelaman, serta Fisiologi Penyelaman. Di tahap ini peserta dibekali dengan pengetahuan tentang bagaimana melakukan aktivitas penyelaman secara safety  dan tidak merusak lingkungan. Di akhir tahap PAP juga diadakan ujian tertulis tentang seluruh materi yang sudah disampaikan sebelumnya, ketiga belas peserta sertifikasi lolos dalam ujian ini untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap kedua yang dilalui peserta sertifikasi adalah Latihan Keterampilan Kolam (LKK) di kolam renang Watugong, Semarang. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 2-3 Oktober 2013. Tahapan ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta dalam hal kemampuan dasar serta kemampuan selam. Kemampuan dasar yang dimaksud meliputi renang, water trappen, renang bawah air (upnoea), serta pengaturan nafas. Sedangkan yang termasuk dalam kemampuan selam meliputi, mask clearing, equalizing, fins swimming serta sesi try scuba diving. Di tahap ini peserta diberi pengalaman langsung bagaimana merawat dan menggunakan semua peralatan selam dengan baik dan benar dan bagaimana kegiatan penyelaman yang sesungguhnya serta berbagai kode penyelaman yang digunakan untuk berkomunikasi di bawah air.

Yang spesial adalah peserta juga diajak langsung untuk mengisi tabung scuba menggunakan kompresor selam. Inilah nilai lebih mengikuti sertifikasi yang diselenggarakan UKSA-387. Bahwa menjadi seorang penyelam itu tidak hanya berfokus pada kemampuan selam namun juga harus mampu menangani berbagai peralatan selam dan menyediakan sendiri perlengkapan yang hendak digunakan.

Setelah tahap LKK selesai, maka peserta serta panitia pun berangkat menuju Karimunjawa tanggal 5 Oktober 2013.

TRIP TO KARIMUNJAWA

Sabtu, 5 Oktober 2013
Kami sudah standby di demaga Kartini, Jepara sejak pukul 5.30 WIB untuk meyeberang menggunakan ASDP KMP Muria. Kapal berangkat pukul 8.00 WIB dan sampai di dermaga Karimunjawa pukul 15.00 WIB.  Sesampainya di dermaga kami langsung bersiap menuju homestay di Dusun Mrican, Pulau Kemojan, Karimunjawa menggunakan kapal milik Mas Aris, yang merupakan kolega UKSA-387 selama berkegiatan di Karimunjawa. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 45 menit untuk sampai di homestay. Sesampainya di lokasi kami beristirahat sebelum melakukan briefing penyelaman. Briefing dimulai pukul 19.00 WIB dipimpin oleh Instruktur UKSA-387 Ir. Amiruddin. Beliau membagi peserta menjadi dua kelompok dan menyampaikan beberapa peraturan dan pemaparan lingkungan penyelaman yang akan dikunjungi esok hari.

Minggu, 6 Oktober 2013
Kami bersiap menuju lokasi penyelaman di Pulau Tengah pukul 6.00 WIB, kami sarapan dan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pukul 7.00 WIB kami berangkat menuju Pulau Tengah. Sesampainya di Pulau Tengah pukul 8.00 WIB penyelaman pun segera dimulai. Kelompok pertama menyelam di dive spot yang ditentukan selam kurang lebih 1 jam. Selanjutnya kelompok kedua bertukar posisi untuk melakukan penyelaman. Selama menunggu giliran menyelam, peserta kembali diajak untuk terlibat dalam pengisian tabung scuba. Hal ini merupakan aplikasi langsung dari apa yang diterapkan di kolam saat LKK kemarin. Kami berada di Pulau Tengah sampai pukul 15.00 WIB. Kelompok pertama mendapatkan 3 kali penyelaman sedang kelompok kedua mendapat dua kali penyelaman. Selanjutnya kami bersiap kembali ke homestay  untuk melakukan evaluasi-briefing penyelaman dilanjutkan dengan beristirahat.

Senin, 7 Oktober 2013
Kegiatan pagi hari ini sama dengan hari sebelumnya, yaitu sarapan serta pemanasan. Kami berangkat pukul 7.00 WIB menuju lokasi kedua dalam trip ini yaitu wreck spot Indonor. Perjalanan hanya sekitar 15 menit dari homestay karena letaknya yang berdekatan. Sesampainya di lokasi, kelompok kedua bersiap melakukan penyelaman. Di spot Indonor kelompok kedua mendapat tiga kali penyelaman sedang kelompok pertama mendapat dua kali penyelaman. Jadi masing-masing kelompok mendapat lima kali penyelaman selama trip di Karimunjawa.

Menjelang tengah hari kami beristirahat serta makan siang di rumah apung. Selanjutnya kegiatan kembali berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. Setelah kelompok terakhir selesai melakukan penyelaman, kami pun bersiap untuk kembali ke homestay. Sesampainya di homestay pukul 17.30 WIB kami beristirahat dan kembali melakukan evaluasi penyelaman. Hal ini diperlukan untuk mengetahui hal-hal yang masih harus diperbaiki peserta untuk meningkatkan kemampuan selamnya. Evaluasi dipimpin langsung oleh Instruktur UKSA-387 Ir.Amiruddin. setelah evaluasi selesai dilanjutkan dengan Barbeque night pukul 20.00 WIB, kami berkumpul di depan homestay untuk makan bersama dan sharing pengalaman selama berada di Karimun.

Selasa, 8 Oktober 2013
Hari ini adalah jadwal kepulangan kami dari Karimunjawa. Kami bersiap pukul 5.00 pagi dan berangkat dari homestay menuju dermaga pukul 6.00 WIB. Sampai di dermaga kami langsung menaiki ASDP KMP Muria untuk kembali menyeberang menuju dermaga Kartini dan sampai pukul 15.00 WIB. Perjalanan dilanjutkan menggunakan bisa menuju Semarang. Kami tiba di Semarang pukul 18.00 WIB.

Dengan berakhirnya kegiatan sertifikasi ini, UKSA-387 turut mengucapkan selamat kepada ketiga belas peserta yang telah resmi menjadi penyelam. Harapan kami setelah ini adalah makin banyak penyelam-penyelam yang tidak hanya berkeinginan menikmati pesona dunia bawah laut Indonesia tapi juga turut andil dalam menjaga keletariannya. (Atika/U-XX)

Be a smart diver to save the sea. And, let’s enjoy 70% of earth buddies! :)

Leave a Reply