Reportase Disaster Management “SAR and Lost Management”

Pada tanggal 10 – 14 Agustus 2016, UKSA-387 Undip kembali mengadakan kegiatan tahunan yaitu Disaster Management dengan tema “ SAR and Lost Management ” yang bertempat di Semarang dan Teluk Awur Jepara. Kegiatan ini diikuti oleh 22 Anggota Muda Angkatan XXIV UKSA-387 Undip dan 13 peserta dari berbagai daerah. Materi yang disampaikan pada acara ini meliputi pelatihan pertolongan pertama serta manajemen diri dalam menghadapi bencana yang berpotensi terjadi di Indonesia, yang diisi oleh pembicara seperti SSI (Survival Skills Indonesia), PMI (Palang Merah Indonesia) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan SAR Daerah Jawa Tengah.

Hari I (10 Agustus 2016)

Kegiatan hari pertama diawali dengan registrasi peserta pada pukul 07.00 WIB di gedung Litigasi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Materi pertama adalah Sea Survival dan Basic Survival Physicology dimana peserta dibekali ilmu tentang Dasar Survival, Pemicu Stress saat Survival dan Prioritas Survival yang dibawakan oleh Bapak Michele dari pihak SSI (Survival Skills Indonesia).

LPT Dua 32

Kemudian dilanjut dengan materi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana oleh Bapak Zainnuddin dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jepara tentang Elemen Penanggulangan Bencana serta Perbedaan antara mitigasi dan penaggulangan.

LPT Dua 6

Materi terakhir dipaparkan oleh Bapak Djatmikko dari Palang Merah Indonesia Kota Semarang tentang Pertolongan Pertama, diikuti praktek langsung oleh peserta kegiatan. Acara berlangsung hingga sore hari ditutup dengan sesi foto bersama.

LPT Dua 2

Hari II (11 Agustus 2016)

Pada hari kedua, peserta melakukan kegiatan pelatihan di kolam sebelum sore hari perjalanan menuju Jepara. Di Kolam Diponegoro IV Watugong Semarang, peserta dibekali teknik Dasar Renang dan Water Trapping , Pengenalan alat Skin Dive serta Fins swimming.

DCIM100GOPROGOPR0743.

Latihan kolam berakhir pukul 14.00 WIB, semua peserta bersiap-siap untuk keberangkatan menuju Teluk Awur Jepara. Upacara pelepasan dilakukan oleh para pengurus UKSA-387 Undip di basecamp yang diwakilkan Mada Rizmadi selaku Wakil Ketua UKSA-387 Undip.

Hari III (12 Agustus 2016)

Hari Ketiga kegiatan dilakukan di Dermaga Teluk Awur Jepara. Peserta melakukan pemanasan darat dan pemanasan air yaitu berenang dan water trapping didampingi oleh Tim SAR Daerah Jawa Tengah. Kemudian para peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar dengan materi pengenalan rubber boat dan cara mengendarainya serta water rescue. Lalu ditutup dengan acara foto bersama di tepi pantai.

LPT Dua 17 LPT Dua 18 LPT Dua 19 LPT Dua 20

Hari IV (13 Agustus 2016)

Pagi hari ini semua peserta melakukan persiapan untuk bermalam di Pulau Panjang. Sesampainya di Pulau Panjang semua peserta mendirikan tenda bersama. Di sana peserta mendapatkan materi Sea Survival dari Bapak Luthfi anggota SAR Daerah Jawa Tengah. Pada sore hari, semua peserta melakukan pemanasan dan berlatih fins swimming di tepi pantai Pulau Panjang untuk persiapan esok hari menyebrangi pulau. Kegiatan hari ini ditutup dengan makan malam bersama dan briefing untuk penyebrangan esok hari ditemani oleh api unggun di tepi pantai.

DCIM101GOPROGOPR1219.

 

Hari V (14 Agustus 2015)

Kegiatan hari ini dimulai dengan pembersihan area kemah. Setelah itu, semua peserta sarapan bersama yang dilanjutkan dengan pemanasan darat. Rute penyebrangan ini adalah Pulau Panjang – Teluk Awur sejauh ± 8 km. Penyebrangan dibagi 3 kelompok yaitu kelompok pertama dengan nama kelompok burung hantu, kelompok kedua bernama kelompok bangau dan kelompok ketiga bernama kelompok kalelawar. Selain fins swimming beberapa anggota UKSA-387 Undip melakukan penyebrangan tanpa menggunakan skin dive hanya menggunakan kaca mata renang.

LPT Dua 28

Selama perjalanan menyebrangi pulau ditemani oleh tim SAR Daerah Jawa Tengah. Mereka membantu peserta dan mengarahkan peserta agar tidak salah arah. Akhirnya semua peserta dan swimmer telah sampai di Teluk Awur dengan perasaan bahagia dan sehat. Semua peserta tampak antusias karna ini merupakan pengalaman pertama mereka menyebrang pulau.

LPT Dua 29

Setelah menyebrang pulau diadakan foto bersama lalu bersih-bersih dan packing untuk kembali ke Semarang. Pada pukul 17.00 WIB bus berangkat dari Jepara menuju Semarang dan tiba pada pukul 20.00 WIB di basecamp Unit Kegiatan Selam 387 Univeristas Diponegoro.

DCIM101GOPROGOPR1396.

Oleh : Sharla (U-XXIV)

One Reply to “Reportase Disaster Management “SAR and Lost Management””

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.