Reportase Bimbingan Teknis SAR Daerah Jawa Tengah

Bimbingan Teknis SAR Daerah Jawa Tengah tahun 2015 merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan SAR Daerah Jawa Tengah yang bertujuan melatih dasar-dasar SAR dalam penanganan darurat bencana.

Acara ini dilaksanakan dari tanggal 3-5 September 2015 bertempat di Pantai Maron Semarang Jawa Tengah. Peserta pelatihan berasal dari berbagai kalangan/instansi di daerah Jawa Tengah yang berjumlah 70 orang. UKSA-387 sendiri merupakan salah satu yang ikut berpartisipasi dan mengirimkan delegasi, diwakili oleh saudara Rivan Framudiana (XXII).

Pada hari pertama dimulai registrasi dan pemberian ATK untuk para peserta hingga siang hari dilanjutkan dengan pembukaan Bintek SARDA Jateng oleh ketua pelaksana. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pemberian materi dasar pelatihan SAR tentang Manajemen dan Sistem Penanggulangan Darurat Bencana serta Peran Relawan dalam Penanggulangan Bencana oleh para Instruktur.

 IMG_20150906_17471720150904_130918

Di hari kedua peserta Bintek SARDA Jateng mengawali kegiatan dengan senam pagi untuk menjaga stamina dan sarapan bersama. Dengan begitu para peserta akan semakin akrab dan saling mengenal satu sama lain karena berasal dari berbagai macam kalangan yang berbeda, dimulai dari kalangan mahasiswa, kalangan relawan, satuan kepolisian bahkan tentara angkatan udara turut berpartisipasi. Siang hari dilanjutkan dengan pemberian materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat dan Navigasi. Untuk mengakhiri hari kedua para peserta melakukan praktek langsung tentang vertical rescue, mulai dari pelajaran simpul dan pengenalan alat serta praktek pengangkatan dan penurunan korban.

20150904_19123720150903_205046

Pada hari ketiga, setelah melakukan senam dan sarapan para peserta melakukan persiapan untuk melakukan simulasi penyelamatan korban kecelakaan kapal. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan materi-materi dasar yang sebelumnya telah diberikan dan melatih kerjasama serta manajemen darurat bencana. Sungguh merupakan pengalaman yang baru karena meski hanya sebuah simulasi, kondisi yang ada dibuat semirip mugkin dengan kondisi dilapangan. Bagaimana tahap-tahap perencanaan penyelamatan korban, mencari korban yang selamat di tengah laut dengan gelombang laut yang cukup tinggi, serta evakuasi korban merupakan pengalaman yang berharga bagi para peserta.

IMG_20150907_084710

IMG_20150907_193128

Pada malam harinya para peserta melakukan ikrar menyatakan diri sebagai rescuer yang siap mengabdikan diri untuk kemanusiaan. Acara ini sekaligus penutup dalam pelatihan Bintek SAR serta perayaan atas HUT SAR Daerah Jawa Tengah yang ke 13.

Salam Rescue, Memayu Hayuning Jagad.

Rivan Framudiana (U-XXII)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.