Warta

Rangkaian Kegiatan Open Recruitment Calon Angkatan XXII

Salam gelembung! Berbagai rangkaian tahapan Open Recruitment (Oprec) UKSA-387 UNDIP Angkatan XXII telah dengan sukses dilaksanakan. Namun, tersisa satu tahap […]

Salam gelembung! Berbagai rangkaian tahapan Open Recruitment (Oprec) UKSA-387 UNDIP Angkatan XXII telah dengan sukses dilaksanakan. Namun, tersisa satu tahap yang tentunya tak boleh dilewatkan oleh para calon angkatan XXII untuk dapat menjadi bagian dari keluarga besar UKSA, yaitu tahap puncak yang akan segera dilaksanakan. Menjadi bagian dari UKSA adalah sebuah perjuangan. Perjuangan dimulai dari tahap registrasi yang menarik sekitar 260 pendaftar dari berbagai jurusan dan fakultas yang ada di UNDIP. Setelah tahap registrasi dilakukan, beberapa tahap selanjutnya sebelum menuju tahap akhir juga telah dilalui para calon angkatan XXII yang kini berjumlah 27 orang.

Pengenalan Kolam

Pada tahap ini, para peserta diperkenalkan dengan berbagai latihan dasar yang diperlukan untuk menjadi calon penyelam handal. UKSA terkenal akan kedisiplinannya dalam menyelam, untuk itu pelatihan yang memadai dan optimal adalah hal yang selalu diutamakan organisasi ini kepada seluruh anggotanya. Tahap ini mengenalkan peserta bagaimana cara berenang gaya bebas, pengaturan nafas selama minimal 1 menit, water trappen, dan upnoea. Tentunya tidak hanya dikenalkan cara, teknik latihan yang baik dan benar turut disampaikan. Tahap ini dilakukan selama 2 kali pada tanggal 14 & 15 Desember 2013 di kolam renang Watugong, Semarang.

pkolam

Pendidikan Akademis Penyelaman

Tahap selanjutnya yaitu Pendidikan Akademik Penyelaman (PAP) yang dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2014 di gedung H Fakultas Hukum UNDIP. Para peserta menerima pengenalan dan latihan secara teoritis mengenai berbagai hal terkait dunia penyelaman. Untuk memberikan materi, panitia mengundang para pembicara yang tentunya handal dalam bidangnya. Materi-materi yang disampaikan diantaranya : sejarah penyelaman, teknik penyelaman, fisika penyelaman, fisiologi penyelaman, dan peralatan SCUBA. Antusiasme dari para peserta tampak dalam acara ini. Selain pemberian ilmu dan pengetahuan tentang penyelaman, pada acara ini turut dilakukan pemilihan koordinator calon angkatan XXII, dan yang terpilih adalah Sdr. Josep Pariri (FIB angkatan 2013).

pap 22 copy

Latihan Keterampilan Kolam (LKK)

Tahap ini adalah kelanjutan dari pengenalan teknik selam dasar. Selain teknik-teknik dasar yang telah diberikan pada tahap pengenalan kolam, juga ditambahkan beberapa materi yang tentunya harus dikuasai dengan baik oleh para peserta seperti penguasaan penggunaan dive skins, tuck dive and duck dive, teknik setting peralatan SCUBA, dan peserta juga mulai belajar mengenakan SCUBA secara sederhana. Tahap yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut tanggal 28-30 Januari 2014 ini juga bertujuan untuk menekankan kepada peserta untuk menciptakan rasa kekeluargaan sesama calon angkatan XXII, karena dalam perjalanan UKSA-387 UNDIP nilai-nilai kekeluargaan selalu menjadi hal yang dijunjung dalam menjalankan roda organisasinya.

lkk 22 copy

Setelah LKK, tahap yang tak kalah pentingnya ialah Tes LKK. Tahap ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2014. Tahap ini menjadi tahapan pembuktian akan teknik-teknik selam dasar yang telah disampaikan pada tahap-tahap sebelumnya. Para peserta dinilai dan dilihat bagaimana penguasaannya terhadap materi-materi yang telah disampaikan tersebut. Tahap ini menjadi acuan para peserta untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya sebelum siap berangkat ke tahap puncak.

Pra Latihan Perairan Terbuka (Pra-LPT)

Sampailah para peserta pada tahap Pra Latihan Perairan Terbuka (Pra LPT) yang dilakukan selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 17-19 Februari 2014 bertempat di kolam renang Manunggal Jati, Semarang. Ini merupakan tahap persiapan dan pemantapan skill para peserta dalam menguasai teknik-teknik dasar penyelaman sebelum siap berangkat ke laut pada tahap puncak Latihan Perairan Terbuka (LPT). Acara yang baru saja usai beberapa hari yang lalu ini juga menambahkan beberapa keahlian yang wajib dikuasai seperti pengoperasian kompresor dan para peserta mulai melakukan latihan SCUBA dasar di kedalaman 6 meter. Selain itu permainan-permainan yang dapat meningkatkan skill para peserta juga diberikan oleh panitia dan senior yang turut hadir dalam setiap tahap oprec ini.

pralpt 22 copy

Seperti semangat oprec angkatan XXII “Siap, Solid, Aktif, Progresif” tak luput pula rasa kekeluargaan yang harus tetap digenggam para calon angkatan XXII sebelum akhirnya resmi menjadi anggota muda di keluarga besar UKSA-387 UNDIP pada tahap puncak LPT. Tahap LPT akan segera dilaksanakan di Pulau Tengah, Kepulauan Karimunjawa pada bulan ketiga di tahun 2014 ini. Tentunya ini akan menjadi momen yang ditunggu-tunggu dari keluarga besar UKSA dan juga calon angkatan XXII. (Ajan-UXXI)

4 Comments

  1. Yasmin Shabira

    Semangat Adik2 Calon 22!!:)

  2. KLIWON

    mantaf!!

  3. Wow….. Uksa gk cuma UKM, tpi udh jdi sekolah selam undip….

    • Divisi Humas

      Terimakasih mas budibaonk atas komentarnya. Semoga UKSA bisa terus mencetak penyelam-penyelam mahasiswa yang handal dan konservatif.

Leave a Reply