Putra Charisma C Sitompul

Nama : Putra Charisma C Sitompul

UKSA Angkatan : XXVI

Jurusan : Ilmu Kelautan 2006

Sertifikasi : A2

Email : putracharisma.sitmpul@gmail.com

Cp: 08125972727

Selamat sore bang, perkenalkan saya sharla dari uksa angkatan XXIV kebetulan saya lagi magang di divisi humas dan saya ingin menanyakan beberapa hal ke abang. Kalau boleh tau nama lengkap abang siapa ya?

Salam kenal sharla, nama lengkap abang putra charisma c sitompul tapi kalau di uksa pada kenal abang dengan panggilan bang big. Wah tahun ini ada magang ya.. bagus deh bikin kalian tau divisi sebelum kalian jadi pengurus.

Kalau boleh tau abang sekarang tinggal dimana?

Abang sekarang di Jakarta, makanya jadi jarang ke basecamp buat ketemu adek adek baru seperti kalian tapi abang tinggalnya di bekasi.

Mau tanya sedikit nih bang mengenai uksa, waktu abang dulu di uksa abang bergerak di divisi apa?

Kalau struktur ke organisasian abang dulu pernah menjabat di divisi ekspedisi dan menjadi dewan penasihat selama 2 periode.

Di uksa kan ada kegiatan rutin seperti diventure, lpt 2, ekspedisi dan lain sebagainya apakah abang pernah mengikuti kegiatan lain diluar kegiatan rutin tersebut?

Paling abang pernah ikut bang amir jadi asisten instruktur untuk proyek transplan karang di mangkang sama bang amir dan pengecekan anoda tiang dermaga PLTU Tanjung Jati Jepara sama pengecakan anoda tiang dermaga PT. Sriboga Ratu Raya sama mas boni .

Wah untuk jadi asisten instruktur itu mesti A2 atau gimana bang?

Waktu itu A1 pernah juga jadi asisten terus ambil A2 gratis gara gara jadi asisten bang amir di pontianak.

Wah satu kebanggaan juga ya bisa dapat A2 gratis, kalau boleh bagi tipsnya bang gimana bisa jadi asisten dan gimana dapetin A2 gratis?

Tipsnya ya harus tahan banting, jangan ngeluh dan skillifully, dengan itu semua pasti bisa kok dapat A2 gratis.

Waktu abang transplan karang di mangkang itu acara apa bang?

Waktu transplan karang dimangkang bang amir sedang mengadakan penelitian. Bang amir mau melihat jenis karang apa yang bisa bertahan hidup di perairan mangkang buat nulis karya tulisnya bang amir karena untuk sekelas instruktur harus bikin karya tulis.

Terus hasil penelitiannya gimana bang? Karang apa saja yang bisa hidup di perairan mangkang?Memangnya keadaan perairan di mangkang itu seperti apa?

Untuk karang yang bertahan hidup di perairan mangkang jenisnya karang massive karena karang massive adalah jenis karang yang mampu bertahan hidup dalam kondisi ekstrem ( air keruh dan tercemar) sedangkan karang kenis branching tidak bisa bertahan. Keaadan perairan di Mangkang sangat keruh visibilty 0-0.5 meter.

Bagaimana cara transplan karangnya kalau keaadan airnya keruh bang?

Dengan cara navigasi alami dan meraba media, feeling dibutuhin banget. Kita coba taruh tangan di depan masker juga gak keliatan yang kelihatan cuma coklat.

Wah butuh keahlian banget dong bang untuk di keadaan perairan seperti itu?

Paling gak keahliannya jangan panik aja, kalau keahlian fisik udah di tempa waktu oprec.

Bang aku mau bertanya selama abang di uksa, uksa telah kasih abang apa aja? dari segi ilmu atau lainnya

Wah yang pasti dapat sodara, dapat ilmu yang belom tentu orang lain dapatkan seperti diving, belajar alat, belajar tentang kompresor dan lain lain serta keorganisasian dan komunikasi. Jaman sekarang diving gampang tapi bisa belajar diving sambil berorganisasi? Ya di uksa lah kita bisa dapetin itu. Uksa itu wadah buat preparing ke dunia kerja. Tapi dengan catatan harus ikut aktif dalam setiap kegiatan yang uksa bikin. Percuma masuk uksa doang tapi yang dicari diving, padahal kalau kalian menggali lebih dalam lagi banyak yang bisa kalian dapatkan.

Kalau yang paling abang kangenin dari uksa apa bang?

Yang pasti diving bareng seangkatan. Nikmatin lah waktu kalian sebagai angmud karna di masa masa seperti itu kalian masih kumpul lengkap satu angkatan.

Wah aku jadi sedih ya sebentar lagi masa angmud aku berakhir. Oiya abang punya pesan ga buat para generasi baru uksa?

Pesennya jangan gampang jenuh. Dalam 1 angkatan sebenernya harus ada motor penggerak yang memotifasi yang selalu nyemangatin teman-temannya, sama kaya motor kalau mau jalan harus ada starternya. Pertanyaannya siapa yang mau jadi starter? jawabannya simple “kalau bukan kita siapa lagi“ kalian harus semangat dan bawa uksa kedepannya lebih baik lagi.

Terimakasih bang atas masukannya semoga apa yang abang harapkan bisa diwujudkan oleh para generasi penerusnya uksa.

Nah sebagai anggota uksa jangan lupa ya harus sering sering cari informasi tentang senior karena tanpa kita sadari banyak banget senior senior kita yang hebat dan harus kita jadikan contoh ya salah satu contohnya bang putra ini bisa dapat sertifikat A2 gratis.  Semoga info tentang senior ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca postingan ini. Semagat terus untuk uksa. UKSA UKSA UKSA 387 !

Oleh : Sharla (U-XXIV)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.