Profile

Unit Kegiatan Selam 387 atau yang lebih sering disebut dengan UKSA-387 UNDIP adalah sebuah organisasi selam mahasiswa Universitas Diponegoro. Organisasi yang sudah berdiri sejak tahun 1987 ini didirikan oleh beberapa mahasiswa Undip yang terdiri dari beberapa jurusan, yaitu Jurusan Perikanan, Hukum, Kelautan serta Teknik. Tujuan awal organisasi ini sebagai wadah rekreasi lewat olahraga selam yang tergolong sebagai olahraga ekstreme. Era 80-90an selam masih merupakan olahraga yang belum populer seperti sekarang terlebih di kalangan mahasiswa. Para pendahulu kami ingin mendobrak pakem tersebut, bahwa mahasiswa juga bisa menikmati olahraga ini dengan sarana dan prasarana yang masih terbatas kala itu.

Dan, terimakasih kepada para pendahulu kami. UKSA-387 masih kokoh berdiri hingga sekarang. Kami, para generasi muda mengapresiasi usia seperempat abad lebih ini dengan mengabdikan diri di bidang konservasi dan pariwisata bahari.

Kenapa konservasi dan pariwisata bahari? Karena laut adalah rumah kami, kami bertekad untuk tidak hanya mengagumi pesona laut Indonesia, tapi juga turut serta menjaga kelestariannya. Untuk mewujudkannya, saat ini kami punya program khusus bertitel CONSERVATION yang merupakan kependekan dari “Coral, Nature, Serviceable, Volunteer and Action” yang  diadakan di Kepulauan Karimunjawa dan sudah berjalan selama tiga tahun.

Selain program bertema konservasi tersebut, UKSA-387 pun punya Kegiatan Ekspedisi bertitel “DWIPANTARA” yang dirintis sejak tahun 2013 kemarin. Tujuan utamanya adalah UKSA-387 berkeinginan untuk mengeksplorasi dan mempromosikan titik-titik wisata tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Di tahun 2013 lalu UKSA-387 berkesempatan untuk menyambangi Pulau Biawak di Kab. Indramayu Jawa Barat, dan Teluk Kiluan, Lampung.

Leave a Reply