Pemetaan Karakteristik Perairan Dangkal di Perairan Bali – Jawa Timur – Madura

Dalam dunia penyelaman kita tentu tahu mengenai underwater navigation. Bagaimana seorang penyelam harus mampu menentukan kemana dia harus pergi apabila kehilangan arah pada saat melakukan penyelaman. Selain harus mengetahui teori dan metode praktek underwater navigation, tak lupa seorang penyelam haruslah mengetahui mengenai surface navigation (navigasi permukaan) juga yaitu pembacaan peta topografi, pengikatan posisi berdasarkan dua objek atau lebih, penggunaan sekstan, pembacaan rasi bintang hingga ke pembuatan peta khususnya pemetaan perairan.

Salah satu anggota UKSA-387 UNDIP, Johannes Riter S. (U-XXII) telah mengikuti kegiatan survey pemetaan karakteristik perairan dangkal yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan PT. Waindo SpecTerra Indonesia. Kegiatan survey ini berlangsung dari awal bulan Agustus hingga akhir bulan Agustus 2015 di sepanjang perairan Bali, Jawa Timur dan Madura. Agenda kegiatan yang dilakukan antara lain pengambilan data sampel seperti koordinat lokasi titik-titik survey, kedalaman perairan, kecerahan, pH, suhu, salinitas, turbiditas, konduktivitas, DO (Dissolved Oxygen), ammonia, kecepatan dan arah arus.

Untuk mengambil koordinat titik lokasi survey menggunakan GPS Handheld Garmin yaitu dengan me-marking titik-titik pengambilan data dan sampel. Untuk kedalaman, pengambilannya menggunakan echosounder dari Garmin GPSMap 585 + FishFinder yang dilengkapi dengan transducer. Selain itu juga mengambil data-data seperti kecerahan dengan menggunakan secchi disk, salinitas dengan menggunakan refraktometer analog dan digital, DO, ph, turbiditas dan lain-lain.

6
Alat-alat yang digunakan untuk survey

Disamping melakukan survey, penulis juga mendapatkan pengalaman baru seperti mengunjungi daerah operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap JAVA POWER di Paiton, Probolinggo, mengunjungi KRI Pari 849 dari Koarmatim, serta melihat latihan perang antara kapal perang US NAVY (USS Germantown 42) dan TNI-AL.

8
KRI Pari 849
4
Johannes saat sedang melakukan pemetaan di PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa Timur

 

Oleh : Johannes Riter S. (U-XXII)

Leave a Reply