OPERASI SAR 18 APRIL 2020 DI BATANG, JAWA TENGAH

Gambar 1. Operasi SAR yang dilakukan di Batang (sumber: dokumentasi pribadi).

Kegiatan Operasi SAR (OPSAR) kali ini dilakukan oleh teman-teman tim SAR gabungan bersama dua orang anggota UKSA-387 Undip, yaitu Meus (U-XXI) dan Tabitha (U-XXV). Kasus yang ditangani yaitu Salamun Ayiz (25 tahun) seorang warga Desa Getas Kidul, RT 01/ RW 01, Desa Getasblawong, Kecamatan Pengeruyung, Kabupaten Kendal, tenggelam di perairan Kuripan, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang pukul 15.50 WIB yang hilang diduga karena tenggelam.

Gambar 2. Pencarian korban yang dilakukan oleh tim SAR gabungan bersama dua orang anggota UKSA-387 Undip (sumber: dokumentasi pribadi).

Diketahui bahwa pada hari Sabtu (18/04/2020) sekitar pukul 04.10 WIB korban sedang mencari ikan bersama 11 Anak Buah Kapal (ABK) lainnya di perairan Kuripan dengan cara menebar jaring. Namun saat sedang menebar jaring yang ke-3, korban menceburkan diri ke dalam air untuk mengecek jaring dengan membawa pelampung dan senter. Setelah 10 menit lamanya, korban sudah tidak terlihat ditempat, namun senter dan pelampung masih berada di tempat awal korban menceburkan diri.

Gambar 3. Evakuasi korban meninggal dunia yang ditemukan di Utara PLTU Batang (sumber: dokumentasi pribadi).

Namun akhirnya, korban berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan MD (Meninggal Dunia) setelah 4 hari pencarian yang dilakukan. Selasa (21/04/2020), upaya pencarian korban berlangsung selama 4 hari dan korban ditemukan di Utara PLTU Batang. Ditemukannya korban menandakan bahwa operasi SAR dinyatakan selesai dan tim SAR gabungan dapat kembali ke satuannya masing-masing. Semoga amal ibadah korban diterima di sisi-Nya, Amiin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.