Pengumuman

Open Recruitment Angkatan XXII

Salam gelembung! Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa Undip datang juga. OPEN RECRUITMENT (Oprec) Anggota Baru UKSA-387 Universitas Diponegoro angkatan […]

Salam gelembung! Akhirnya acara yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa Undip datang juga. OPEN RECRUITMENT (Oprec) Anggota Baru UKSA-387 Universitas Diponegoro angkatan XXII. Acara tahunan yang  merupakan serangkaian kegiatan penerimaan anggota baru ini siap mendidik dan melatih mahasiswa-mahasiswa menjadi anggota baru UKSA sekaligus penyelam yang tangguh. Bagaimana kegiatan itu, siapa saja yang boleh bergabung, kenapa mesti UKSA, bagaimana menjadi anggotanya, dan semua pertanyaan lain tentang OPREC akan dibahas tuntas di sini.

 

MENGAPA UKSA?

Kenapa masuk ke dunia selam padahal bukan orang kelautan, kenapa mesti UKSA, kenapa-kenapa-kenapa.

Oke, satu-satu mari kita bahas. Seperti yang sudah diketahui sejak kita SD, Indonesia adalah negara kepulauan dengan beribu-ribu pulau yang terhampar. Dan akhir-akhir ini, Indonesia seringkali dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi, terutama di lautan. Melihat lebih luas lagi, planet Bumi ini tersusun dari 70% lautan dan sisanya adalah daratan. Sudah tidak ada alasan lagii untuk kita tidak menyelam!

Di UKSA, satu-satunya UKM di tingkat Universitas Diponegoro yang mewadahi mahasiswanya untuk bisa belajar di bidang selam. Jadi bukan melulu milik anak Kelautan dan Perikanan. Pun begitu pula dengan arah visi-misi organisasi. Karena tersusun dari berbagai jurusan, maka kegiatan di UKSA juga sangat beraneka ragam. Ada banyak acara untuk belajar dan mengaktualisasikan diri dan semua dihubungkan dengan satu benang merah : SELAM. Secara praktis, kegiatan-kegiatan di UKSA meliputi :

  • Conservation, bagaimana kita turut berpartisipasi menjaga lingkungan laut dengan menyelam.
  • Water Rescue, usaha penyelamatan korban bencana di perairan.
  • Underwater Photography, fotografi bawah air.
  • Underwater Works, belajar kerja di bawah air.
  • Scientific Diving, kegiatan penyelaman berbasis ilmiah, mendata terumbu karang dan ikan-ikan.
  • Fun Dive, karena menyelam itu menyenangkan.

Oh iya UKSA-387 Undip itu juga merupakan UKM yang sarat prestasi. Ini diantaranya :

  • UKM Terfavorit pada Expo UKM 2012 dan 2013 yang diselenggarakan oleh BEM KM Universitas Diponegoro
  • UKM Terbaik pada tahun 2012 yang diselenggarakan oleh SENAT KM Universitas DIponegoro
  • Bekerjasama dengan BNI-46 dalam membangun Taman Bawah Laut di Karimunjawa
  • 6 Medali pada kejuaraan POSSI Semarang yaitu 1 Medali Perak kategori Fin Swimming Putri 100m , 5 Medali Perunggu kategori Fin swimming 100m, 200m, dan Apnoea pada tanggal 24 Juli 2011 bertempat di Kolam Renang Watugong Kodam, Semarang.
  • dan masih banyak lagi penghargaan serta kerjasama lain yang telah UKSA catat.

Dan salah satu keistimewaan UKSA adalah, kita tidak hanya dibentuk menjadi organisasi melainkan melebur menjadi satu keluarga. Di sini kamu bakalan mendapatkan saudara-saudara baru, belajar bersama berorganisasi secara profesional, ilmu pengetahuan, pengalaman, dan bonusnya nanti akan dapat menyelam ke berbagai tempat di Indonesia.

keluarga-besar-2013

 

SYARAT DAN KETENTUANNYA

Langsung saja berikut persyaratan menjadi anggota UKSA-387 UNDIP.

  1. Mahasiswa aktif di Universitas Diponegoro, selambat-lambatnya semester ke-5 di kuliah.
  2. Tidak memiliki cacat mental maupun fisik yang sifatnya permanen.
  3. Mengikuti semua tahapan Open Recruitment.

Yap, itu saja persyaratannya. Tidak susah kan?

 

TAHAPANNYA

Tapi sebelumnya berikut tahapan-tahapan Oprec yang WAJIB kamu lakukan dari awal hingga menjadi anggota muda UKSA.

  1. Pre-Tahapan : Registrasi
  2. Tahap I : Wawancara
  3. Tahap II : Pengenalan Kolam
  4. Tahap III : Pendidikan Akademis Penyelaman
  5. Tahap IV : Latihan Keterampilan Kolam
  6. Tahap V : Tes Keterampilan Kolam
  7. Tahap VI : Pra Latihan Perairan Terbuka
  8. Tahap VII : Latihan Perairan Terbuka (Kepulauan Karimunjawa)

Jangan terburu-buru dipikirkan betapa banyak dan panjangnya tahapannya. Karena itu semua akan terasa mudah ketika dijalankan kok. Pada prosesnya, nanti akan banyak yang membantu mulai dari rekan-rekan satu angkatan dan senior panitia. Semangat! Yak kunci utama menjadi anggota UKSA adalah semangat dan tekad yang bulat. Itu saja.

 

BAGAIMANA CARANYA

Siapkan diri kamu, karena mulai tanggal 18 November 2013 sampai dengan 3 Desember 2013 ini pendaftaran sudah bisa dilakukan. Caranya? Yuk simak :

  1. Dapatkan formulir pendaftarannya, di tempat-tempat ini :
    – Beskem UKSA-387 Undip (Jl. Gondang Raya 52)
    – Kantor UKSA-387 di Student Centre Lt. 2
    – langsung diunduh di sini
  2. Isi formulir dan kelengkapannya.
  3. Kembalikan formulirnya ke Beskem UKSA-387 Undip (buka 24 jam) dengan menyertakan uang pendaftaran sebesar 25.000 selambat-lambatnya tanggal 3 Desember 2013.
  4. Tunggu informasi selanjutnya dari panitia untuk tahapan selanjutnya

 

PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN

Ini, akan disertakan pula beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan calon anggota menjelang OPREC.

T : Kak, daftar UKSA harus bisa renang yah???
J : Lebih tepatnya, nanti renang adalah kemampuan dasar untuk menyelam. Tapi bukan itu syarat masuknya. Di sini adalah tempat belajar, banyak dari antara senior yang ketika mendaftar tidak bisa renang sama sekali tetapi sekarang menjadi penyelam profesional. Dan tenang saja sekali lagi ditandaskan bahwa kita adalah klub selam, bukan klub renang!

T : Di UKSA isinya kok anak kelautan semua ya kak?? Aku minder nih, aku anak Kedokteran Hewan nih.
J : Berdasarkan fakta memang begitu, sekarang dominansi anak kelautan di UKSA yang paling tinggi. Tapi semakin ke sini, semakin beragam kok. Di angkatan XX ada anak Biologi, Ekonomi, Peternakan, Komunikasi, Perkapalan. Di angkatan XXI malah semakin beragam : Kesehatan Masyarakat, Sastra, Perikanan, Teknik Arsitektur, dan Peternakan. Gak usah minder dek, semua setara di UKSA. Bahkan pendiri UKSA itu bukan berasal dari jurusan Kelautan kok.

T : Kalau mau ikut UKSA itu peralatan nya dri kita atau gmn kak?
J : UKSA tidak mewajibkan anggotanya untuk memiliki peralatan selam sendiri. Karena itu bisa jadi sangat mahal. Untuk seperangkat alam selam lengkap antara 5-10 juta. Bahkan sampai sekarang tidak ada yang mempunyai itu secara pribadi di UKSA. Yang dihimbau, adalah untuk memiliki alat selam dasar (masker, snorkel, dan fins) karena ini merupakan barang pribadi yang sesuai ukuran tubuh. Tapi ini pun tidak diwajibkan.

silahkan jika ada tambahan pertanyaan, komen dibawah ini. nanti bakal diapdet lagi.

 

LAIN-LAIN

Pantengin terus website resmi UKSA ini buat info-info terupdate seputar OPREC UKSA dan info-info lainnya. Jangan lupa follow kami di twitter @UKSA387UNDIP dan ikuti tagarnya di #OPRECXXII Add friend facebook di facebook.com/UKSA387. Untuk pertanyaan seputar Oprec silahkan menghubungi kontak person di 0856.2771.100 (SE) atau 0856.5002.525 (Ajan). Salam gelembung! (Ajan/XXI)

 

oprec-xxii

1 Comment

  1. kak, saya trauma, boleh masuk UKSA ga kak?

Leave a Reply