Menyelam Bersama di Jambore FoPMI V

Tanggal 6-9 September lalu UKSA-387 berkolaborasi dengan MDC Ilmu Kelautan Undip, Unit Selam Mahasiswa UGM, Redfish Perikanan Undip dan Biology Diving Club Universitas Jendral Soedirman serta kawan-kawan penyelam yang tergabung dalam Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI) telah menyelenggarakan Jambore FoPMI ke-5 di Kepulauan Karimunjawa.

rameee

Jambore ini dimaksudkan sebagai ajang fundiving, berkumpul, berdiskusi sesama penyelam Indonesia dengan tema jambore kali ini yaitu “FoPMI for Indonesian Sea”. Kegiatan ini diikuti pula oleh beberapa kawan-kawan penyelam dari Provinsi Banten, Universitas Diponegoro, Universitas Lampung, Intitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, serta dari Universitas Hasanuddin.

Tak hanya untuk bersenang-senang, kegiatan jambore ini pun memiliki agenda bakti lingkungan. Diawali di Pulau Tengah pada tanggal 7 September lalu, kawan-kawan peserta dan panitia melakukan kegiatan penyelaman Underwater Cleanup, yaitu kegiatan menyelam sembari memungut sampah-sampah anorganik yang “terdampar” di perairan tersebut. Kegiatan ini belangsung hingga siang hari. Dan dilanjutkan dengan berkeliling di Pulau Kecil sembari menunggu sunset tiba sebelum kembali ke homebase di Pulau Tengah.

Untitled-1

Di hari kedua pada tanggal 8 September, penyelaman dilakukan di spot kapal karam (wreck) pengangkut batu bara Indonor dan dilanjutkan fundiving di Pulau Sintok siang harinya. Menjelang sore hari perjalanan dilanjutkan menuju homebase. Terakhir, peserta dan panitia bersama-sama mengadakan Pesta Kembang Api sebagai perayaan dari akhir kebersamaan di kegiatan jambore ini sesaat sebelum berkemas dan bersiap pulang keesokan harinya.

fireworkedit

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.