Warta

Latihan Perairan Terbuka II, Disaster Management 2013

LPT II (Latihan Perairan Terbuka II) atau yang juga dikenal dengan nama Disaster Management merupakan serangkaian kegiata open recruitmen bagi […]

LPT II (Latihan Perairan Terbuka II) atau yang juga dikenal dengan nama Disaster Management merupakan serangkaian kegiata open recruitmen bagi anggota muda UKSA-387. Dalam kegiatan ini terdapat seminar dan juga praktek lapangan mengenai manajemen keselamatan. Acara ini dilaksanakan oleh anggota muda UKSA-387 Angkatan XXI. LPT II tahun 2013 ini mengangkat tema “SAR Management and Navigation” yang dilaksanakan tanggal 20-23 Juni lalu di Teluk Awur dan Pulau Panjang, Jepara. Peserta LPT II berjumlah 21 orang yang terdiri dari 17 orang angkatan muda XXI dan 4 peserta eksternal. Dalam rangkaian kegiatan ini, peserta dibekali pendidikan SAR sebagai materi utama dan penyeberangan dari Pulau Panjang menuju Teluk Awur Jepara. Selain itu diadakan juga seminar dengan materi tentang Navigasi, Medical Emergency dan Manajemen Penanggulangan Bencana.

Hari I (20 Juni 2013)
Rombongan UKSA-387 yang berangkat menuju Pulau Panjang berjumlah 25 orang terdiri dari peserta (anggota muda XXI), panitia (angkatan XX) serta peserta eksternal. Rombongan berangkat bersama menuju Asrama Kampus Kelautan UNDIP Teluk Awur pukul 14.30 WIB diiringi dengan doa dan pelepasan oleh wakil ketua UKSA-387 Saudara Tonny Adam Theoyana. Rombongan tiba di Asrama pukul 17.30 WIB.
Sesampainya di Asrama, seluruh rombongan beristirahat sejenak, pukul 18.30 WIB peserta makan malam. Setelah makan malam usai dilanjutkan dengan acara ramah tamah seluruh peserta dan panitia hingga pukul 20.00 WIB. Seusai kenal sapa, peserta dipersilakan beristirahat sebagai persiapan kegiatan keesokan harinya.

Hari II (21 Juni 2013)
Peserta mulai melakukan kegiatan pukul 4.00 WIB untuk melaksanakan ibadah sholat subuh dilanjutkan dengan makan pagi.Di hari kedua ini peserta mengikuti seminar yang diadakan di Ruang Teater, Kampus Kelautan UNDIP mulai pukul 07.00 Materi pertama yaitu Navigasi dari Dinas Potensi Maritim TNI AL oleh Bapak Letkol Arief Hardhianto , SM , ANT II , S. Pd ,MMtr (Dinas Potensi Maritim), para peserta dibekali ilmu tentang kiat-kiat melakukan navigasi pada saat penyelaman dan juga pengenalan peralatan navigasi. Materi kedua tentang Medical Emergency dari pihak PMI Jawa Tengah oleh Bapak D. S. Nugroho. Dan materi yang terakhir tentang Manajemen Penanggulangan Bencana dari BPBD Jawa Tengah oleh Bapak Drs. Sudarsono Agus Sarwono, M. Pd. Acara hari kedua ini selesai pukul 17.30 WIB.

Hari III (22 Maret 2013)
Di hari ketiga peserta mendapat materi tentang manajemen SAR. Materi ini merupakan materi full outdor dan dilaksanakan di pantai Teluk Awur, Jepara. Pemateri terdiri Tim SAR daerah Jawa Tengah berjumlah 6 orang.Di materi manajemen SAR peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk penerimaan materi dan praktek lapangan. Sesi pertama seluruh peserta dikenalkan dengan peralatan penunjang kegiatan SAR, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu praktek lapangan yang teridiri dari bermacam-macam cara & teknik ketika melakukan SAR air seperti bagaimana cara membalikan Ruber boat, berenang ketika membawa korban, entry dari ruber boat, mengenal bagian-bagian ruber boat, teknik pertolongan pertama pada korban. Pukul 15.00 WIB acara selesai, peserta bersiap kembali ke asrama. Malam harinya, dilakukan evaluasi oleh Tim SAR mengenai kegiatan yang berlangsung sehari penuh tersebut kepada seluruh peserta.

Hari IV (23 Juni 2013)
Di hari keempat peserta sangat antusias untuk melakukan kegiatan terakhir rangkaian acara LPT II, fin swimming dari Pulau Panjang menuju Teluk Awur, Jepara. Sekitar pukul 06.30 WIB para peserta berangkat menuju Pulau Panjang menaiki sopek ditemani para senior dan tim SAR. Sesampainya di Pulau Panjang, dilakukan pemanasan darat untuk persiapan penyeberangan yang berjarak kurang lebih 5 km ini. Pukul 09.00 Para peserta pun berangkat menyeberangi perairan antara Pulau Panjang dan Teluk Awur ditemani tim SAR. Seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa senior juga melakukan penyeberangan tanpa peralatan skin dive. Mereka adalah Andro Ananda (X1V) Dio Dirgantara (XX), Rosyid Musaddad A. S (XX), Aji Awaludin (XX), M. Danny Sianggaputra XX), dan Akhmad Khotim Ibrahim (XX). Sekitar pukul 10.58 peserta tiba di Teluk Awur tanpa suatu kendala apapun. Waktu yang ditempuh adalah 1 jam 58 menit. Para peserta disambut oleh para senior, kemudian sharing mengenai penyeberangan dan ucap syukur karena penyeberangan lancar tanpa suatu kendala apapun. Seusai penyeberangan, para peserta bersiap untuk acara penutupan. Penutupan dilakukan di asrama kampus pukul14.30 oleh Ketua UKSA yaitu Fajar Andriansyah. Setelah penutupan selesai, peserta kembali ke Semarang menggunakan bus.

 

3 Comments

  1. Admin edit dikit dong teks nya ada yang typo tuh

    • admin

      siap laksanakan bapak.
      terimakasih masukannya.

  2. theo

    wiiiiii, HUMAS i love you. 😀 :*

Leave a Reply