Warta

Laporan Survey Acara CONSERVATION 2nd

Sebelum menggelar acara CONSERVATION 2nd yang sedianya dilaksanakan besok bulan September, panitia memutuskan untuk mengecek keadaan lokasi acara terlebih dahulu. Survey yang dilakukan pada tanggal 28 – 31 Juli 2012 bertempat di Desa Kemujan Kepulauan Karimunjawa, tempat acara CONSERVATION dan Taman Bawah Laut berada. Survey ini terutama ditujukan untuk mengecek kondisi Taman Bawah Laut (TBL) dan mengetahui secara riil kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Kemujan yang menjadi fokus kegiatan CONSERVATION 2nd. Tim survei yang berangkat menuju Karimunjawa berjumlah 11 orang, yang beranggotakan 7 orang angkatan 20 (Dendy, Danny, Aji, Kintan, Atika, Kiki, Rizkya) yang bertindak sebagai panitia tahun ini dan angkatan 19 selaku panitia CONSERVATION tahun lalu sebanyak 4 orang (Filius, Bondan, Fajar, Justicia).

Keberangkatan diawali dengan doa bersama untuk keberhasilan tim survei di basecamp UKSA-387 pukul 3 pagi pada tanggal 28 Juli 2012 dilanjutkan perjalanan selama 3 jam menuju dermaga Kartini di Jepara. Waktu perjalanan menaiki kapal ASDP dari dermaga Kartini sampai Kepulauan Karimunjawa memakan waktu kurang lebih 6 jam. Sesampainya di Karimunjawa, tim survei langsung menuju desa Kemujan dusun Mrican untuk beristirahat dan melakukan briefing di rumah salah satu kerabat dekat UKSA-387.

Malam harinya tim survei mengadakan briefing tentang teknis kerja lapangan yang akan dilakukan esok hari, dimulai dengan pembagian tim. Karena CONSERVATION 2nd memiliki 2 fokus besar yaitu pengembangan Taman Bawah Laut dan edukasi masyarakat pesisir serta kegiatan SosEk ke masyarakat sekitar maka tim pun dibagi menjadi 2, tim laut (Filius, Bondan, Dendy, Danny, Atika, Kintan) dan tim darat (Fajar, Justicia, Kiki, Rizkya, Aji).

Tugas tim laut adalah melakukan monitoring kondisi TBL, melakukan pembersihan serta pengecekan konstruksi, mendata kondisi fisik perairan dan kondisi transplan karang. Sedangkan tim darat bertugas untuk melobby instansi desa dan SD di Kemujan untuk perijinan dan sosialisasi tentang kegiatan CONSERVATION 2nd, survei transportasi dan akomodasi yang akan digunakan selama acara dan melakukan survei SosEk ke beberapa KK di desa Kemujan sebagai data awal kegiatan.

Tim laut dan tim darat bergerak pada waktu yang sama, yaitu tanggal 29 Juli 2012. Pukul 7 pagi, masing-masing tim bergerak menuju lokasi, tim laut menuju perairan Pantai Pasir Batu Putih dimana lokasi TBL berada, sedangkan tim darat menuju rumah para petinggi desa Kemujan untuk melakukan sosialisasi kegiatan dan melakukan survei SosEk ke beberapa RT di sekitar TBL.

Perjalanan tim laut dari dermaga dusun Mrican menuju lokasi TBL memakan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan kapal cepat, kondisi perairan sedang mengalami gelombang besar. Sesampainya di lokasi tim langsung mempersiapkan kebutuhan untuk penyelaman, penyelaman dilakukan tiga kali, penyelaman pertama ditujukan untuk monitoring kondisi karang, pendataan jumlah transplan karang pembersihan konstruksi TBL, pengukuran lokasi, pengukuran slope (derajat kemiringan dasar perairan) serta pengukuran konstruksi seperti diameter dan ukuran meja transplan. Penyelaman kedua ditujukan untuk penggantian sebagian transplan karang yang mati/rusak, dan penyelaman ketiga ditujukan untuk tagging (penomoran) transplan karang dan dokumentasi.

Tim darat melakukan survei SosEk di waktu yang sama, lokasi yang dipilih untuk kegiatan ini adalah RT 04 & 05 RW 002 desa Kemujan. Metode yang digunakan untuk survei SosEk ini dengan menggunakan kuisioner yang berisi beberapa pertanyaan menyangkut status pendidikan terakhir, pekerjaan, penghasilan, jumlah keluarga, harapan dengan adanya “CONSERVATION 2nd” dsb.

Pukul 3 sore, tim laut dan tim darat bertemu di dermaga Labuhan Bajo untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi dekat wreck kapal “INDONOR” untuk melakukan survei lokasi baru TBL, survei ini dimaksudkan hanya sebagai referensi lokasi baru untuk pemindahan TBL dari lokasi sebelumnya, tetapi setelah dilakukan penyelaman untuk pengecekan, lokasi baru ini dinilai kurang sesuai untuk dibuat TBL. Setelah selesai melakukan penyelaman, tim kembali ke dermaga dusun Mrican untuk beristirahat dan kembali melakukan evaluasi-briefing untuk esok hari.

Hari Senin tanggal 30 Juli 2012, keseluruhan tim bergerak menuju instansi-intansi di Karimunjawa untuk menyerahkan surat perijinan survei sekaligus melakukan sosialisasi kegiatan “CONSERVATION 2nd” ke petinggi-petinggi desa dan mencatat input yang disampaikan yang berupa harapan-harapan dari petinggi-petinggi desa dengan adanya kegiatan “CONSERVATION” ini. Sebagian tim juga melakukan sosialisasi ke Kepala Sekolah Dasar yang ada di Karimunjawa terkait dengan perijinan untuk mengikutsertakan anak-anak SD dalam kegiatan “CONSERVATION 2nd” untuk acara coastal clean up dan penyuluhan singkat tentang kelestarian lingkungan.

Setelah menyelesaikan jobdesk masing-masing, malamnya tim melakukan packing untuk persiapan pulang keesokan harinya dilanjutkan dengan evaluasi keseluruhan selama survei serta pem-flooran hasil yang didapat sesuai jobdesk yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan berakhirnya evaluasi kegiatan survei pun telah selesai.

Keesokan harinya, yaitu tanggal 31 Juli 2012 pukul 5 pagi tim berangkat menuju dermaga Karimunjawa untuk melanjutkan perjalanan pulang ke Semarang menggunakan ASDP KMP Muria yang berangkat pukul 8 pagi dari Karimunjawa dan sampai di dermaga Kartini pukul 2 siang. Tim melanjutkan perjalanan pulang ke Semarang menggunakan sepeda motor selama kurang lebih 3 jam perjalanan dan sampai pukul 17.45 di basecamp UKSA-387.


acara ini didukung oleh :

 

dan dipublikasikan oleh :

1 Comment

  1. theo

    min, kan mau ada yg ketiga nih denger2. coba di post juga sekalian promo dikit.
    katanya yg ketiga ini gede2an bgt min.

Leave a Reply