Laporan Kegiatan Latihan Perairan Terbuka 2 (LPT 2) Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro

A. KATA PENGANTAR

Halo buddies… Kali ini UKSA-387 UNDIP kembali melaksanakan kegiatan Latihan Perairan Terbuka 2 di Jepara dan Pulau Panjang. Laporan ini berisi tentang perjalanan kami selama acara LPT 2 hingga kembali ke tempat asal. Banyak cerita dan kegembiraan kami saat menjalankan acara ini. Kita juga dapat pengalaman berharga yang tentunya menjadi bekal yang bermanfaat dikemudian hari.

Acara Latihan Perairan Terbuka 2 (LPT 2) adalah acara bagi anggota muda UKSA yang bertujuan menambah pengetahuan mengenai tanggap darurat dalam menghadapi bencana dan kejadian yang tidak diinginkan di lapangan. LPT 2 memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk menambah pengetahuan anggota muda UKSA dalam menghadapi bencana, melatih cepat tanggap anggoda muda dalam menghadapi situasi yang tidak bisa ditebak, dan menjaga hubungan baik dengan SARDA JATENG. Acara tahun ini mengambil tema sar and sea emergency response. Puncak dari acara LPT 2 adalah kegiatan penyebrangan dari pulau panjang menuju teluk awur dengan melakukan fins swimming.I

Dari kegiatan ini, diharapkan anggoda muda UKSA bisa lebih terlatih dan tenang dalam menghadapi bencana dan kejadian yang tidak diinginkan.

B. PELAKSANAAN KEGIATAN

Jumat, 4 Mei 2018

Kami mebuka kegiatan bersama pengurus dan senior pada pukul 02.00. Sekitar pukul 02.30 kita berangkat ke Jepara. Sampai Jepara, kami langsung unloading alat sekitar pukul 05.00. Sekitar pukul  07.30 dilaksanakan pembukaan acara oleh MC. Setelah pembukaan, sekitar pukul 08.00 materi pertama berjalan, judul dari materi tersebut adalah bantuan hidup dasar yang dibawakan oleh SARDA JATENG. Sekitar pukul 09.30 dilanjutkan oleh materi mitigasi bencana yang dibawakan oleh BPBD Jepara. Sekitar pukul 11.00, kami istirahat untuk melaksanakan sholat jumat bagi pria. Pada pukul 13.00, materi dilanjutkan oleh Mas Bonifacius selaku instruktur UKSA. Pada pukul 14.30, kami melaksanakan foto bersama. Sekitar pukul15.00, kami melakukan loading alat ke sopek untuk dibawa ke Pulau Panjang. Pada pukul 16.00, kami berangkat ke Pulau Panjang. Sekitar pukul 17.30, kami melakukan istirahat setelah sampai di Pulau panjang. Lalu dilanjutkan makan malam. Pada pukul 19.30, kami beramah tamah dengan SARDA JATENG. Pada pukul 20.30, kami melaksanakan evaluasi dan dilanjutkan dengan istirahat.

Gambar 1. Para peserta sedang menerima materi tentang mitigasi bencana dari BPBD Jepara

Sabtu, 5 Mei

Kami memulai kgiatan pada pukul 04.00. Sekitar pukul 07.30 kami melakukan pemanasan darat. Pada pukul 08.00, kami melaksanakan upacara pemasangan bersama pengurus dan pak Arifin selaku perwakilan Dinas Pariwisata Pulau Panjang. Sekitar pukul 09.00, kami melaksanakn kegiatan pemasangan plang. Pada pukul 09.30, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh SARDA JATENG tentang survival darat. Pada pukul 11.30, kegiatan dilanjutkan dengan materi water survival oleh SARDA JATENG. Pada pukul 16.15, kegiatan dilanjutkan dengan cuci alat. Pada pukul 17.30, dilaksanakan istirahat dan sholat, kemudia dilanjutkan makan bersama. Pada pukul 19.30, kami beramah tamah dengan SARDA JATENG. Pada pukul 21.00, kami melakukan evaluasi dan dilanjutkan dengan istirahat.

Gambar 2. Upacara peresmian pemasangan plang tanda bahaya, dihadiri oleh pak Arifin selaku ketua Dinas Pariwisata Pulau Panjang

Minggu, 6 Mei 2018

Kami memulai kegiatan pada pukul 04.00 dengan solat subuh. Sekitar pukul 05.00, kami melanjutkan dengan kegiatan sarapan bersama. Sekitar pukul 05.30, kami melaksanakan pemanasan darat dan air dengan tujuan mempersiapkan tubuh untuk menjalankan kegiatan hari ini supaya lebih fit. Sekitar pukul 09.30, kami melanjutkan kegiatan kami belajar mengendarai rubber boat dan olah gerak rubber dengn SARDA JATENG. Kami diajarkan bagaimana cara mengendarai rubber boat yang benar, mendayung rubber boat, membalikkan kapal yang terbalik, dan perkenalan motor tempel. Banyak dari kami yang mencoba mengendarai rubber boat dan mendayung rubber boat. Sebagian dari kami juga belajar cara membalikkan rubber yang terbalik. Sekitar pukul 11.30, kami istirahat untuk melakukan sholat dan makan siang bersama. Sekitar pukul 13.00, kami diberikan materi water rescue oleh SARDA JATENG. Dalam materi kali ini, kami melakukan simulasi prosedur penyelamatan korban, mulai dari cara manajemen tugas hingga penanganan terakhir dalam menghadapi korban yang terluka dan pingsan. Materi ini sangat menarik karena secara langsung kami merasakan bagaimana cara SARDA JATENG melakukan prosedur penyelamatan di laut. Kami membagi tugas menjadi headquarter, rescuer, pendamping rescuer, pengendara mopel, dan kesehatan. Kami diberikan waktu selama satu jam untuk menyelamatkan korban. Kami berhasil melakukannya dalam 50 menit. Sekitar pukul 15.30, kami melakukan sesi foto bareng bersama SARDA JATENG sebagai kenang-kenangan dalam acara. Setelah foto bersama, sekitar pukul 16.00 kami melakukan pencucian alat supaya tidak rusak. Pada pukul 17.30, kami beristirahat untuk melaksanakan solat jama’ qashar. Sekitar pukul 19.30, kami melaksanakan kegiatan makan bersama dan dilanjutkan dengan briefing mengenai penyebrangan ke Teluk Awur. Pada pukul 22.00, kami melakukan istirahat untuk persiapan penyebrangan.

Gambar 3. Para peserta LPT 2 melaksanakan simulasi water rescue

Senin, 7 Mei 2018

Kami memulai kegiatan pada pukul 04.00 dengan melaksanakan sholat subuh. Pukul 04.50, kami lanjutkan dengan beres beres tenda dan loading alat ke sopek. Pada pukul 06.00, kami melaksanakan pemanasan darat yang dipimpin oleh SARDA JATENG sebelum melakukan penyebrangan. Pada pukul 06.30, kami melakukan foto bersama. Pada pukul 07.00, kami memulai penyebrangan dari pulau panjang menuju teluk awur dengan melakukan fins swimming. Kami berhasil mencapai Teluk Awur dengan durasi penyebrangan selama 2 jam 20 menit. Setelah sampai, kami melakukan pencucian alat pada pukul 11.00. Pada pukul 15.00, kami kembali ke Semarang. Acara ditutup dengan melaksanakan upacara penerimaan peserta LPT 2 pada pukul 20.00 .

Gambar 4. Arahan dari pak Anam selaku anggota SARDA JATENG sebelum melakukan penyeberangan