Latihan Perairan Terbuka

Latihan Perairan Terbuka atau biasa disingkat LPT, merupakan kegiatan wajib yang berguna untuk pengenalan seorang calon penyelam terhadap laut. Kegiatan ini dilakukan di laut seperti yang telah dipaparkan kegiatan ini berguna sebagai tidak orientasi seseorang terhadap suatu kondisi laut agar memudahkan penyelam dalam melakukan kegiatan dalam penyelaman selanjutnya.

UKSA 387 Universitas Diponegoro melakukan kegiatan Latihan Perairan Terbuka sebagai suatu perangkat aktivitas kami. Latihan Perairan Terbuka di UKSA 387 Universitas Diponegoro dibedakan menjadi 2 yaitu: 1) Latihan Perairan Terbuka I dan 2) Latihan Perairan Terbuka II.

1. Latihan Perairan Terbuka I


LPT I, atau Latihan Perairan Terbuka I merupakan bagian akhir dalam tahap Open Recruitmen dimana tahapan ini menjadi tahapan puncak dalam penerimaan anggota baru. Merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi calon anggota UKSA 387 Universitas Diponegoro jika telah mencapai tahapan ini. Tujuan tahapan ini adalah sebagai cara pengenalan kondisi (adaptasi) laut terhadap para calon anggota UKSA 387 Universitas Diponegoro yang juga sebagai calon penyelam. Kegiatan ini dilakukan di perariran Kepulauan KarimunJawa, Jepara selama waktu tertentu.

2. Latihan Perairan Terbuka II


Latihan Perairan Terbuka II, atau yang biasa dikenal dalam kalangan keluarga UKSA 387 Universitas Diponegoro sebagai LPT II. Penambahan angka “II” merupakan istilah pada kalangan intern UKSA 387 Universitas Diponegoro, namum pada dasarnya kegiatan ini merupakan kegiatan yang terbuka untuk umum. siapa pun kamu baik kalangan pelajar, mahasiswa, maupun pekerja dapat mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini dikemas dalam tema “Water Rescue” yang bekerjasama dengan Badan S.A.R (daerah dan nasional) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Leave a Reply