Ini dia, NITROX !

Penyelam rekreasi yang baru memasuki dunia penyelaman mungkin akan bertanya – tanya “tabung apa yang memiliki stiker strip hijau-kuning dan bertuliskan NITROX”. Nitrox yang memiliki sebutan enriched air, oxygen enriched air, atau EANX biasanya pada tabung dengan udara ini diberikan stiker hijau-kuning. Penggunaan nitrox dikalangan penyelam mungkin bukan hal yang tabu dan akan menjadi hal yang perlu dicoba ataupun hal yang dikhawatirkan pada kalangan penyelam yang baru memasuki dunia penyelaman. Kekhawatiran muncul dari pertanyaan “apakah ini aman digunakan?”, maka dari itu kita coba ulas mengenai gas yang satu ini.

nitrox

Gas nitrox sudah berkembang 20 tahun belakangan ini, namun sebenarnya penggunaan nitrox sudah berkembang dikalangan combat diver angkatan laut Amerika Serikat dan beberapa perusahaan komersial semenjak tahun 1950. J. Morgan Wells pada tahun 1970 mengusulkan dibuatnya prosedur mengenai penyelaman menggunakan oxygen-enriched air dan menghasilkan campuran gas yang dikenal NOAA NITROX 32 atau disingkat dengan NN 32 (perlu diketahui J. Morgan Wells merupakan direktur program selam National Oceanic And Atmospheric Administrasion U.S America).

Campuran gas ini dikembangkan berdasarkan kriteria kedalaman maksimum dalam penyelaman yaitu 130 feet dan maksimum tekanan oksigen parsial yaitu 1.6 ATA. Selama bertahun-tahun pedoman dari NOAA dijadikan refrensi dan pada tahun 1985 dikembangkan untuk pertama kali penggunaan nitrox bagi penyelam rekreasi.

nitrox

Bagaimana Nitrox dibuat didalam tabung? Jawabanya bisa dianalogikan saat kamu ingin menciptakan air hangat, kamu pasti memasukan sejumlah air panas pada sejumlah air dingin untuk mendapatkan keadaan air hangat. Nitrox sendiri dibuat dengan memisahkan dan mencampurkan gas dengan dua metode yang umum dilakukan adalah mencampurkan tekanan parsial dan metode membran.

Pencampuran ini dilakukan dengan menambahkan oksigen murni kedalan sejumlah udara yang terkontrol ke udara yang terkompresi. Metode membran atau pemisahan udara menggunakan membran semipermeble untuk memisahkan nitrogen dari udara, menciptakan gas yang dapat dijadikan sumber pernapasan dengan munigkatkan kadar oksigen sehingga udara yang digunakan dalam pernapasan memiliki konsentrasi oksigen yang lebih tinggi.

Penggunaan Nitrox bukan digunakan untuk penyelaman dalam, ingat sebelumnya sudah dijelaskan campuran gas ini dikembangkan berdasarkan maksimum kedalaman penyelaman dan maksimum oksigen parsial, namun stigma yang berkembang adalah nitrox “gas deep diving”. Peningkatan konsentrasi oksigen akan menimbulkan adanya batasan kedalaman dalam menggunakan gas ini dalam penyelaman. Pelanggaran terhadap aturan ini dapat mengakibatkan resiko keracunan oksigen yang akan menyerang sistem kerja saraf otak, bisa dibayangkan apa yang terjadi jika kita menyalahi aturan dalam penggunaan gas ini.

tank

Sebelumnya pada saat pendidikan akademi kita telah mempelajari fisika penyelaman, salah satu hukum yang digunakan adalah hukum Dalton. Hukum Dalton menyatakan tekanan total gas adalah sama dengan jumlah tekanan dari komponen – komponen yang ada dalam gas tersebut. Batas kedalaman maksimum didasarkan dari tekanan parsial maksimum, tekanan yang diberikan oleh komponen gas tertentu. Berdasrkan batas 1.4 ATA, campuran Nitrox 32 oersen oksigen memiliki batas penggunaan kedalaman maksimal adalah 112 feet dengan nitrox 36 maka memiliki kedalaman maksimum 95feet. Nitrox dengan kadar oksigen biasanya ditulis dengan EAN 32 (memiliki kadar oksigen 32%) dan EAN 36 (dengan kadar oksigen 36%).

Mengapa menggunakan Nitrox? Dengan mengurangi jumlah nitrogen pada gas yang digunakan untuk bernapas dibawah air, nitrox dapat menurunkan resiko terkena dekompresi dan dapat meningkatkan bottom time secara aman, dan perlu dipahami kedua hal tersebut tak dapat dilakukan bersamaan. Dengan mengurangi nitrogen pada campuran gas yang digunakan, penyelam menyerap sedikit nitrogen kedalam jaringan tubuh walau resiko tetap ada.

course-nitrox

Meningkatnya waktu penyelaman di kedalaman tertentu datang dari prinsip equivalent Air Depth. Ketika persentase nitrogen dikurangi, setara dengan bernapas dengan menghirup gas uang biasa dihinakan pada kedalaman yang lebih dangkal, dengan kata lain menyelam dengan 32 persen nitrox di kedalaman 34 meter setara dengan menyelam dikedalaman 28 meter.

Saat ini campuran nitrox yang tersedia dan disiapkan dengan konsetrasi bervariasi memberikan pilihan bagi penyelam. Ketika menyelam nitrox dapat mengurangi resiko terkena dekompresi . penggunaan nitrox membutuhkan keahlian kusus dan pengetahuan yang lebih.

Sumber:
ScubaDiver Magz Edisi 5/2014, Vol 1 no3
Wikipedia Nitrox
Nitrox

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.