Diveducation

Ingin mengenal tentang Mangrove ?

Hei buddies, artikel kali ini akan menjelaskan seberapa penting tanaman pesisir khususnya Manggrove yang sering kita anggap sebagai tanaman biasa […]

Hei buddies, artikel kali ini akan menjelaskan seberapa penting tanaman pesisir khususnya Manggrove yang sering kita anggap sebagai tanaman biasa atau pohon biasa yang berada di pesisir pantai. Sebenarnya bila kita telusuri dan dikaji banyak manfaat yang dapat kita temukan dan juga harus kita jaga akan keberadaannya di lingkungan pesisir.

Secara umum Manggrove merupakan tumbuhan pohon yang hidup antara laut dan darat, pada waktu pasang akar-akarnya tergenang oleh air garam tetapi pada waktu air surut akar – akar itu nampak. Mangrove kebanyakan bersifat halophyt yaitu sifat tumbuhan yang bisa beradaptasi dengan air asin, karena di dalam cairan selnya mempunyai tekanan osmosa yang tinggi.

Beberapa jenis Mangrove yang berada di Indonesia yaitu :

a

Hutan Manggrove memiliki zonasi tumbuh tertentu. Pembagian zona ini di mulai dari bagian yang paling kuat mengalami pengaruh angin dan ombak yakni zona terdepan yang digenangi air berkadar garam tinggi. Dari depan kebelakang zona tumbuh mangrove yaitu :

b

Manfaat hutan mangrove yaitu :

  1. Mencegah Erosi Pantai. Hutan mangrove menjadi salah satu tempat yang bisa menjaga perbatasan antara kawasan darat dan laut. Gelombang dan arus air laut akan terus menggerus pantai yang tidak memiliki tanaman mangrove di sepanjang pantainya, yang secara alami memiliki peran sebagai pelindung pantai dari hantaman gelombang.
  2. Menjadi Katalis Tanah dari Air Laut. Tanah bisa masuk ke dalam air laut secara terus menerus karena bagian tanah yang bersentuhan secara langsung dengan air laut. Untuk mencegah hal ini maka manfaat hutan mangrove secara ekologis menjadi sumber yang sangat jelas untuk melindungi tanah disekitar laut.
  3. Habitat Perikanan. Kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis mahluk hidup dan organisme. Beberapa spesies seperti udang, ikan dan kepiting dengan nilai ekonomis tinggi banyak menjadikan  ekosistem mangrove sebagai tempat tinggal, berlindung, berpijah, dan mencari makan.
  4. Memberikan Dampak Ekonomi yang Luas. Ekosistem mangrove memiliki fungsi secara ekologis dan ekonomi. Pohon mangrove yang terdapat pada hutan mangrove dapat dipanen seperti jenis tumbuhan lain, dan diolah menjadi bahan makanan seperti tepung, sirup dan dapat juga dijadikan pewarna batik. Selain itu kayu dari batang pohon mangrove dapat digunakan sebagai bahan bangunan, dan juga kayu bakar.
  5. Sumber Pakan Ternak. Pohon mangrove juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti makanan ternak. Nutris seperti mineral, protein dan kalori akan meningkatkan perkembangan ternak.
  6. Mencegah Pemanasan Global. Pemanasan global memang menjadi ancaman yang sangat serius untuk alam dan manusia. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan hutan mangrove.
  7. Menjaga Kualitas Air dan Udara. Kawasan hutan mangrove juga membantu manusia dalam mendapatkan air bersih dan udara yang segar. Manfaat hutan mangrove bagi kehidupan akan menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih, karena memiliki sistem perakaran yang berfungsi menangkap sedimen.
  8. Sumber Pendapatan Bagi Nelayan Pantai. Masyarakat yang tinggal dikawasan pantai biasanya banyak bekerja menjadi nelayan. Manfaat kawasan hutan mangrove menjadi tempat yang paling sesuai untuk pembibitan ikan, udang dan berbagai potensi habitat laut lainnya.
  9. Pengembangunan Kawasan Pariwisata. Kawasan hutan mangrove bisa dikembangkan menjadi salah satu objek wisata. Pariwisata akan memberikan dampak ekonomi yang sangat baik untuk masyarakat di sekitarnya dan negara secara khusus.
  10. Menyediakan Sumber Kayu Bakar. Pohon dan kayu mangrove yang sudah kering dan membusuk bisa dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Dengan cara ini maka secara tidak langsung sudah mengurangi kebutuhan gas atau bahan bakar bagi sebuah negara.
  11. Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Hutan mangrove menjadi salah satu tempat untuk mengembangkan berbagai jenis ilmu pengetahuan dalam bidang kelautan, perikanan dan kimia. Banyak peneliti yang membutuhkan hutan mangrove dan dijadikan berbagai sumber penelitian.
  12. Menjaga Iklim dan Cuaca. Perubahan iklim dan cuaca bisa terjadi karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah kerusakan sistem dalam alam. Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman yang menghindarkan diri dari bencana alam.

Sumber :

Soeroyo. 1992. Sifat Fungsi dan Peranan Hutan Manggrove. Jakarta. Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi – LIPI

http://manfaat.co.id/manfaat-hutan-mangrove

http://pengertian-definisi.blogspot.co.id/2012/01/komposisi-jenis-dan-zonasi-hutan.html

Oleh : Divisi Diklat

2 Comments

  1. mantab!! mangrove memang sangat penting dan banyak peranannya salah satunya untuk mencegah abrasi yang pantai,
    mangrove juga bisa di jadikan salah satu olahan yang bisa bernilai materi,
    so mari kita lestarikan hutan mangrove di indonesia

    salam lestari!!

Trackbacks / Pings

Leave a Reply