Diveducation

Hippocampus abdominalis, the mounts of Poseidon

Dalam mitologi yunani begini ceritanya, kuda laut merupakan binatang yang menarik kereta sang poseidon yang disebut dengan Hippocampus saat sang […]

Dalam mitologi yunani begini ceritanya, kuda laut merupakan binatang yang menarik kereta sang poseidon yang disebut dengan Hippocampus saat sang Poseidon menjelajah melintasi lautan yang luas.

Namun saat ini mungkin kita berbicara “cucu” sang Hippocampus, yaitu kuda laut sebenarnya yang hidup dilaut. Jika dalam mitologi kuda laut yasng terbayangkan adalah besar dan gagah, kuda laut yang kita bicarakan posturnya kecil namun salah satu yang terbesar dari jenis lainya.

Hippocampus abdominalis, adalah salah satu kuda laut yang terbesar dari jenis spesies kuda laut lainya di dunia. Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut bernafas dengan insang kecil dibagian tubuhnya dan memiliki panjang tubuh dengan interval 16mm – 35 cm, yang unik adalah kuda laut merupakan satu – satunya spesies yang jantanya dapat hamil.

Hippocampus abdominalis, yang biasa disebut dengan big-belly seahorse (si perut besar) dapat tumbuh hingga panjang tubuh sepanjang 35 cm. Big-belly seahorse kepala dengan moncong yang maju ke depan, perut buncit, dan ekor panjang yang melingkar. Hippocampus abdominalis merupakan anggota dari ordo Syngnathiformes.

Sama seperti kuda laut lainya, Hippocampus abdominalis memiliki mata yang bisa bergerak secara independen satu dengan yang lainya, dan ekornya dapat memegang atau terkait untuk membantu Hippocampus abdominalis dapat mempertahankan posisinya dalam air. Kuda laut ini juga berenang menggunakan sirip dorsal dengan keadaan tubuh vertikal dan dengan bantuan ekor untuk mepertahankan posisi.

Hippocampus abdominalis

Memiliki cara yang unik dalam mendapatkan makanan, dengan hinggap menunggu plankton lewat dan dengan moncongnya yang panjang lalu disedot layaknya vacuum cleaner.

Cukup mudah membedakan anatara sang jantan dan sang betina  Hippocampus abdominalis. Sang jantan memiliki area kantong  yang lembut dan halus di dasar perutnya yang memenuhi ekor pada sisi depan. Pejantan juga memiliki siripp di dekat bagian tubuh itu namun kurang jelas jika diamati langsung. Sedangkan betina memiliki perut yang runcing dengan sirip yang cukup jelas di bagian dasar perutnya.

Hippocampus abdominalis dapat di jumpai pada daerah perairan pasifik bagian barat laut, sekitar Australia dan New Zealand.

Kingdom                       : Chordata

Phylum                          : Actinopterygii

Class                             : Syngnathiformes

Order                             : Syngnathidae

Family                            : Syngnathidae

Genus                            : Hippocampus 

Species                          : H. abdominalis

Leave a Reply