Fakta Unik “Cephalopods”

Mahluk penghuni lautan seperti cumi-cumi, sotong, dan gurita merupakan kelompok “Cephalopods” yang berasal dari filum Mollusca. Kata “Cephalopods” merupakan bahasa Yunani yang berarti “kepala-kaki”. Golongan “Cephalopods” dapat anda temukan di setiap kedalaman laut bahkan hingga bagian abyssal dengan kedalaman yang berkisar 9800 kaki sampai dengan 19600 kaki. Kelimpahan dapat ditemukan pada daerah khatulistiwa. Berikut merupakan 13 fakta yang mengesankan mengenai hewan satu ini jika kita bertemu saat melakukan aktivitas penyelaman:

  1. Sekitar 800 spesies hidup dari “Cephalopods”. Spesies punah yang sering ditemukan para pemburu fosil adalah Amon
  2. Mereka merupakan hewan yang memiliki kompleksitas dan kecerdasan. Perkembangan indra berkembang dengan baik, dengan sistem saraf dan otak yan besar. Cepalopda dianggap hewan yang memiliki intelenjensia tertingi dalam golongan invertebrata.marinedrugs-12-02700-g001-1024
  3. Gurita (octopoda) merupakan salah satu “Cephalopods” yang memiliki penglihatan yang sangat baik, beberapa percobaan menunjukan bahwa mereka bisa membedakan beberapa atribut dari berbagai benda, termasuk kecerahahan, ukuran, bentuk, maupun orientasi horizontal dan vertikal. Namun sebagian besar juga buta warna.
  4. Mereka dapat mendeteksi gravitasi menggunakan reseptor sensorik yang dimiliki yang disebut statocyst, beberapa bahkan berpikir untuk menggunakan reseptor tersebut untuk mendeteksi suara.tumblr_mhgovdPAbg1rxyvj1o1_r1_1280
  5. Golongan “Cephalopods” merupakan golongan yang memiliki peradaban yang lebih tua dibandingkan dinosaurus, beberapa catatan merekam keberadaan fosil 500jt tahun lalu.
  6. Meskipun beberapa dari mereka buta warna namun, banyak dari golongan “Cephalopods” dapat melakukan kamuflase dengan lingkungan sekitar. Mereka melakukanya dengan menggunakan chromathopores, organel yang dimiliki mereka yang memiliki pigmen dan organel yang dapat memantulkan cahaya yang dimiliki disetiap sel mereka, dan tidak hanya merubah warna namun mereka dapat merubah tekstur mereka.Chromatophores
  7. Keterampilan kamuflase tidak hanya untuk melindungi diri mereka, namun kemampuan ini digunakan juga untuk memperigatkan orang lain maupun menarik pasangan.
  8. Sirip dan tentakel merupakan organ pergerakan mereka, memiliki kemampuan seperti “jet” yang mengakibatkan mereka melakukan gerakan cepat secara dadakan. Disamping itu semakin besar ukuran “Cephalopods” (cumi) membuat efisiensi pergerakan mereka turun.
  9. Gurita terbesar adalah North Pacific Giant Octopus, yang dapat tumbuh dan berkembang hingga 15 kaki.Giant_Pacific_Octopus
  10. Cumi – cumi terbesar adalah “Colossal squid” , tidak banyak diketahui mengenai spesies ini karena tinggal cukup jauh didalam perairan.
  11. Cumi – cumi raksasa ini sangat jarang ditemukan.Colossal_squid_3040415a
  12. Sebagai pembanding, sotong terbesar merupakan “Australian Giant Cuttlefish” merupakan sotong terbesar.

Picture-12

 

Sumber : ScubaDiverLife

Photo :

5 Replies to “Fakta Unik “Cephalopods””

  1. apakah ada golongan chepalopods yang beracun dan tidak dapat dikonsumsi kak? terimakasih

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.