Warta

Dwipantara V : Jelajah Pesona Bahari Tampuk Timur Madura

Hello Buddies, salam gelembung dari bawah laut Kepulauan Kangean. Kali ini Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro, kembali melaksanakan Ekspedisi […]

Hello Buddies, salam gelembung dari bawah laut Kepulauan Kangean. Kali ini Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro, kembali melaksanakan Ekspedisi dengan nama “DWIPANTARA V JELAJAH PESONA BAHARI TAMPUK TIMUR MADURA”. Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang anggota aktif UKSA-387 yaitu :

  1. Tri Laksa Putra (U-XXII)
  2. Ardhito Yoga (U-XXII)
  3. Mada Rizmaadi (U-XXII)
  4. Fikri Ramadhan (U-XXII)
  5. Chandra Dewangi (U-XXII)
  6. Rahmadayanti (U-XXII)
  7. Siti Fatimah (U-XXII)
  8. Larosa Nurfikri (U-XXII)
  9. Suratman (U-XXII)
  10. Putranto Kondang Wijaya (U-XXIII)
  11. Fatra Hidayat (U-XXIII)

Ekspedisi ini diketuai oleh Putranto Kondang Wijaya (U-XXIII), dilaksanakan pada tanggal 17 November 2016 – 27 November 2016, bertempat di Pulau Saebus, Kecamatan Sapeken, Kepulauan Kangean, Madura, Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 11 hari, berikut sedikit cerita mengenai ekspedisi ini.

Hari I, 17 November 2016

Malam ini adalah malam pelepasan tim ekspedisi Dwipantara V pada pukul 22.00 WIB di Basecamp tercinta. Para pengurus, senior serta anggota muda berkumpul dalam upacara pelepasan. Pelepasan di wakilkan oleh Bendahara I UKSA-387, Sdr Esti Estuningtyas (U-XXII) karena Ketua UKSA berhalangan hadir. Setelah acara pelepasan selesai, tim bersiap-siap memeriksa kembali peralatan yang akan dibawa. 3 mobil mengantarkan tim ke Terminal Terboyo, Semarang.

Hari II, 18 November 2016

Bus mengantarkan tim ekspedisi ke Terminal Bungurasih Surabaya. Tiba di Surabaya, 2 anggota tim ekspedisi menuju Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk mengambil 2 set alat yang dipinjamkan untuk acara Ekspedisi ini dibantu oleh teman-teman dari UHT-DC. Anggota tim lainnya langsung berangkat menuju Terminal Aryawiraraja di Sumenep sambil menunggu 2 anggota yang ke DKP. Istirahat sholat makan dilakukan dengan suasana bahagia di daerah terminal. Para tim terlihat sangat bersemangat dalam perjalanan ekspedisi kali ini. 2 taksi mengantarkan tim ke Pelabuhan Kalianget Sumenep, kapal yang kami gunakan berangkat pada pukul 19.00 WIB yang bernama Kapal Sumekar I. Tim beristirahat di perjalanan panjang ini.

dwp-17

Pelabuhan Kalianget Sumenep

Hari III, 19 November 2016

Waktu telah menunjukkan pukul 4 dini hari, kamipun telah tiba di Pelabuhan Batuguluk Kangean. Perjalanan diteruskan dengan perjalanan darat sekitar 2 jam perjalanan menuju Kangean Timur. Tim menyebrang lagi menggunakan sopek menuju Kecamatan Sapeken. Sore haripun tiba, tim segera evaluasi, brifing dan istirahat untuk agenda esok hari.

dwp-23

Tim Ekspedisi berpose di Gerbang Pulau Kangean

dwp-18

Suasana penduduk sekitar di Kecamatan Sapeken

Hari IV, 20 November 2016

Pagi hari telah tiba, sarapan telah siap dihidangkan, timpun bergegas melaksanakan aktifitas hari ini. Pagi ini akan dilaksanakan sosial ekonomi ke masyarakat di Pulau Saebus yang menjadi target ekspedisi kali ini. Tim ekspedisi dibagi menjadi 3 group untuk menyebar ke sekitar masyarakat Pulau Saebus. Sebelum berangkat ke pulau, tim mampir ke kediaman Ketua RW dan RT sekitar untuk memberitahu bahwa kami seminggu kedepan akan tinggal di daerah sekitar atau yang biasa di sebut “Kulo Nuwun dalam bahasa Jawa”.

dwp-24

“Kulo Nuwun” dalam bahasa Jawa di Rumah Pak RW sekitar

Lanjut ke perjalanan menuju Pulau Saebus, dalam perjalanan menuju Pulau Saebus, kami melihat sekelompok lumba-lumba sedang berenang-renang, sungguh pemandangan yang menyenangkan di awal perjalanan ini. Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan demi mendapatkan banyak informasi mengenai kehidupan masyarakat Pulau Saebus.

dwp-25dwp-26

Waktu dzuhurpun tiba, tim ekspedisi menikmati makan siang sambal beristirahat di Pondok Ular sekitar Pulau Saebus. Kami dikejutkan dengan adanya beberapa ular laut yang sedang beristirahat. Ular tersebut tidak terlihat agresif, malah lebih bersahabat. Setelah istirahat kamipun lanjut melakukan penyelaman di sekitar Pondok Ular tersebut. Penyelaman dilakukan di titik 3 m dan 10 m, ini merupakan penyelaman dengan tujuan adaptasi di daerah sekitar ekspedisi. Setelah 2 tim penyelam turun, tibalah saatnya kita pulang ke homestay di rumah Pak Haji Ali di Kecamatan Sapeken. Malampun tiba, saatnya istirahat, evaluasi dan briefing untuk acara besok.

Hari V, 21 November 2016

Waktu menunjukkan pukul 5 pagi, seperti biasa sebelum menjalankan aktifitas, tim ekspedisi sarapan terlebih dahulu. Waktu disini hampir sama dengan WITA, jam 5 pagi sudah sangat terang seperti jam 6 di Semarang. Koki terbaik kita yaitu Chandra (U-XXII) dan Suratman (U-XXII) menghidangkan masakan yang sangat membuat kita bertenaga. Setelah semua siap, tim melakukan penjalanan menuju Tenggara Pulau Saebus sebagai titik pertama pengambilan data. Penyelaman pertama dilakukan pada kedalaman 10 m, data yang diambil berupa kerapatan terumbu karang dan ikan karang sepanjang 100 m dengan metode LIT (line intercept transek). Penyelaman selanjutnya pada kedalaman 3 m, data dan metode yang digunakan adalah sama seperti sebelumnya. Selain mengambil data karang dan ikan karang, kami juga mengukur parameter kualitas perairan, arus serta kecerahan. Setelah ishoma kami melanjutkan ke titik kedua yaitu di Utara Pulau Saebus. 2 kali penyelaman dilakukan pada kedalaman 10 m dan 3 m seperti di penyelaman sebelumnya. Alam hari ini sangat bersahabat, tidak ada arus, matahari bersinar, semua berjalan sesuai rencana. Sorepun tiba dan kita kembali ke homestay, tidak lupa membersihkan alat-alat serta diri masing-masing. Para tim sesuai parameter langsung membackup data yang didapatkan pada hari ini. Evaluasi dan briefing pun dilakukan, lalu seluruh tim istirahat kembali.

dwp-35

dwp-3

Hari VI, 22 November 2016

Agenda hari ini masih dalam pengambilan data. Titik ketiga dilakukan di Barat Pulau Saebus dengan kedalaman 10 m dan 3 m. Parameter yang diambil masih sama seperti sebelumnya. Ishoma kali ini dilakukan di pantai pasir putih bagian barat Pulau Saebus. Istirahat siang ini dilalui dengan badai yang menghampiri. Cuaca cukup tidak bersahabat hari ini, tapi tim tetap semangat menjalankan aktifitas hari ini. Setelah badai reda langsung dilanjutkan dengan pengambilan data di titik keempat. Parameter masih sama seperti sebelumnya. Metode yang digunakanpun masih sama. Arus pada sore ini cukup tinggi sehingga tim membutuhkan tenaga yang lebih ekstra. Tapi itu bukan suatu halangan yang sangat besar. Data yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan maksimal. Senjapun tiba, kami bergegas kembali ke penginapan untuk bersih-bersih dan membackup data, tidak lupa pula melakukan evaluasi dan briefing.

dwp-7

dwp-19

 

DCIM100GOPROGOPR7060.

Hari VII, 23 November 2016

Hari ini adalah hari santai untuk para tim ekspedisi. Pagi hari tim mengelolah data yang telah didapatkan di 2 hari kemarin. Setelah selesai mengolah data sementara, tim diberi kesempatan untuk menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pulau Saebus. Fun dive tema hari ini.

dwp-13

Ardhito Yoga (U-XXII) atau biasa disapa Abe

DCIM100GOPROGOPR7163.

Feel freeeee, Larosa (U-XXII)

DCIM100GOPROG0097434.

1.. 2.. 3.. cisssssss… Fikri, Larosa, Fatimah, Putra

Tim terlihat sangat antusias untuk mengeksplor Pulau Saebus. Foto-foto, tertawa, bermain di gosong merupakan suatu hal yang sangat kami nikmati. Malampun tiba, malam ini kita dihidangkan makan malam dengan ikan pancingan kami siang tadi. Nikmat sekali rasanya makan ikan sesegar itu langsung dari laut. Setelah makan, kami melanjutkan diri mempersiapkan untuk seminar hasil sementara esok hari di Kecamatan Sapeken.

dwp-27

Hari VIII, 24 November 2016

Agenda hari ini adalah seminar hasil sementara yang dilakukan di Kecamatan Sapeken. Seminar hasil sementara dihadiri oleh pihak kecamatan, masyarakat setempat, dan pengusaha dibidang kelautan. Seminar hasil ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kondisi Pulau Saebus yang memiliki potensi sebagai pariwisata bahari sehingga masyarakat bisa mengembangkannya. Setelah selesai, tim bergegas packing untuk persiapan pulang ke Semarang esok hari.

dwp-10

dwp-11

Suasana persentasi Seminar Hasil Sementara di Kecamatan Sapeken

Hari VIX, 25 November 2016

Tiba hari kepulangan, tim bergegas memindahkan semua barang bawaan ke kapal Pak Husnan. Pak Husnan yang mengantarkan dan menemani kami dari hari pertama berada di Pulau Sapekan sampai hari kepulangan ini ke bagian timur Pulau Kangean. Lanjut perjalanan darat di Pulau Kangean menuju Pelabuhan Batuguluk Kangean. Kapal yang mengantar tim ekspedisi kali ini adalah Kapal Express Bahari. Perjalanan sekitar 4 jam, dilanjutkan perjalanan jalan menuju Surabaya. Di Surabaya kita bermalam di rumah Larosa (U-XXII), dijemput dengan teman-teman UHT-DC, saatnya beristirahat.

Hari X, 26 November 2016

Saatnya bersilaturahmi dengan keluarga di Surabaya, sebelum memulai silaturahmi, perwakilan tim ekspedisi mengembalikan alat ke DKP Provinsi Jawa Timur. Setelah itu kami berkunjung ke basecamp teman-teman UHT-DC, kami disuguhi jamuan yang sangat menyenangkan. Saling tukar informasi, bakar jagung, makan malam bersama, sungguh pertemanan yang hangat. Tidak lupa pula kami menghubungi keluarga kami yaitu mba Devi (U-XVI), mba Devi datang mengunjungi kami di basecamp UHT-DC. Saling berbagi pengalamanpun tak terlewatkan. Waktu menunjukkan pukul 10 malam, saatnya tim ekspedisi kembali ke Semarang menggunakan bus malam.

mba-devi-u-xvi

Foto bersama Mba Devi (U-XVI)

teman-teman-uht-dc

Foto bersama teman-teman UHT-DC

Hari XI, 27 November 2016

Tim ekspedisi Dwipantara V tiba di Semarang disambut hangat dengan para pengurus, anggota muda dan senior. Upacara penerimaan tim ekspedisi kembali ke Semarang sudah dilaksanakan. Para anggota pun langsung membenahi peralatan dan segera pulang. Selamat beristirahat, sampai jumpa di Seminar Hasil Ekspedisi Dwipantara V Jelajah Pesona Bahari Tampuk Timur Madura.

Oleh : Rahma (U-XXII)

2 Comments

  1. yanuar

    Perkenalkan saya Yanuar Noor Akbar U-XV
    Senang sekali membaca laporan ekspedisi ini, ingat dulu waktu ekspedisi ke Tapanuli. Selamat buat tim untuk ekspedisi nya, semoga UKSA menjadi agen perubahan dengan membawa hal hal baik di lokasi ekspedisi. Kerjasama yang sudah terbina dengan stakeholder dan rekan komunitas selalu dijaga.

    Saran saja
    – banyak informasi dan foto bagus, bisa submit ke beberapa majalah (Natgeo Indonesia, Lion Magz, Garuda Indonesia dll) sebagai branding UKSA di luar
    – Terus jaga hubungan baik yang sudah terjaga dengan stakeholder dan rekan komunitas
    – Kalau bisa laporan nya dibuat infografis

    Salam
    yanuar

    • Divisi Humas

      Halo Mas Yanuar, termakasih saran dan komentarnya, Alhamdulillah ekspedisi berjalan lancar, tim sedang mempersiapkan seminar hasil nasional nanti bang. Mohon kerjasamanya jika ada bantuan dalam bentuk informasi apapun hehe :)

Leave a Reply