Deep Extreme 2016 (Part 1)

Deep & Extreme adalah suatu kegiatan yang menghadirkan informasi tentang dunia selam dan peralatannya, destinasi pariwisata serta industri pendukungnya. Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama 10 tahun. Kegiatan yang terakhir dilakukan sekaligus peringatan ulang tahun yang ke-10 tepat pada tanggal 31 Maret 2016 sampai 3 April 2016 di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center.

Pada kesempatan kali ini, Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro Semarang (UKSA-387) mengirim 4 orang perwakilan untuk turut serta dalam kegiatan tersebut sekaligus meliput kegiatan yang ada disana.

DE 2

(Vidzar, Meisa, Sharla dan Roy sebagai perwakilan dari angmud 24)

Hari Keberangkatan (Kamis, 31 Maret 2016)

Dari stasiun Poncol Semarang, perwakilan berangkat pukul 14.00 WIB ke stasiun Pasar Senen, Jakarta. Sesampainya di Jakarta, para perwakilan UKSA-387 menuju persinggahan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Hari keberangkatan ditutup dengan kegiatan makan malam dan istirahat untuk keesokan hari menuju Jakarta Convention Center.

Hari Pertama (Jumat, 1 April 2016)

DE 3

Hari pertama para peserta menuju ke Jakarta Convention Center dan tiba pukul 09.00 WIB. Di Cendrawasih Hall, perwakilan dibagi menjadi dua tim untuk meliput dan melihat kegiatan disana. Sebelum memasuki area Deep and Extreme, para peserta membeli tiket masuk terlebih dahulu dengan biaya Rp 25.000 per tiket. Kemudian para peserta diwajibkan melakukan registrasi untuk data undian pada akhir acara.

Setelah mendapatkan tiket masuk, para peserta memasuki area Deep and Extreme dan langsung melihat-lihat suasana pameran. Suasana pameran pada hari itu cukup ramai, karena bisa dilihat dari banyaknya orang yang hiruk pikuk berjalan mengunjungi stand-stand yang ada di sana.  Banyak stand yang terdapat disana, mulai dari stand alat-alat outdoor, stand alat-alat selam, stand daerah-daerah pariwisata yang ada di Indonesia, dan juga tidak lupa seminar yang diikuti dengan antusias oleh para pengunjung Deep and Extreme.

Berikut adalah beberapa stand yang ada di Deep Extreme 2016 yang sempat kami wawancarai :

Stand FUN – IN Underwater Photography

DE 4

Pertama, para peserta mengunjungi stand “FUN – IN Underwater Photography”. Disana kami berkesempatan untuk mewawancarai salah satu fotografer bawah air. Dalam wawancara itu, kami mempelajari banyak hal. Salah satunya adalah bahwa teknik yang digunakan dalam pemotretan bawah air tidak jauh berbeda dengan pemotretan darat. Yang membedakan hanya pada alat-alat yang digunakan.

Sang fotografer juga mengatakan bahwa Underwater Photography merupakan hobi yang menguntungkan. Karena hasil foto yang sudah dicetak, dapat dipamerkan dan dijual mulai dari harga Rp 10.000.000 – Rp 50.000.000. Menurutnya, setiap laut di Indonesia pasti memiliki keindahan tersendiri untuk bisa diabadikan menjadi sebuah foto.

Stand SSI

DE 5

Setelah mengunjungi stan Under Water Photography para peserta mengunjunngi stand SSI. Apa itu SSI? SSI merupakan SCUBA School International. Para peserta berkesempatan untuk mewawancarai salah satu stafnya. Dalam wawancara tersebut banyak penjelasan tentang SSI. SSI bisa menjadi sarana bagi kalian yang ingin mendalami selam dan ingin mendapat sertifikat selam. Disini kalian bisa belajar selam dari selam dasar sampai kalian benar benar siap untuk terjun langsung ke laut. Jadwal latihan SSI kalian sendiri yang tentukan.

Stand DAN

DE 6

DAN singkatan dari Divers Alert Network, yang bergerak dalam bidang asuransi selam. DAN mengajarkan para diver untuk menjadi diver yang safety. DAN adalah asosiasi terbesar industri selam yang didedikasikan untuk keselamatan SCUBA diving. Melayani penyelam selama lebih dari 30 tahun. DAN menyediakan bantuan darurat, sumberdaya medis informasi, kesempatan pendidikan dan banyak lagi.

Pada saat di stan DAN, peserta mewawancarai voulunter yang berasal dari Universitas Atmajaya. Dari wawancara ini didapat informasi bahwa DAN berkantor pusat di Australia. Cara untuk menjadi vouluntir DAN tidaklah sulit, mendaftar di www.danap.org dan membayar biaya pendaftaran yang sudah ditentukan.

Stand Pariwisata Maluku Utara

Maluku Utara memiliki banyak spot diving. Maluku Utara memang terkenal dengan wisata bawah airnya yang keren dan sudah terkenal hingga kancah internasional. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna – warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama. Maluku Utara adalah tmpat yang menakjubkan untuk aktivitas wisata bahari karena kondisi perirannya yang masih sangat terjaga. Berikut adalah beberapa spot diving di Maluku Utara yaitu pulau Ternate, Teluk Sulamandaha, Reef Jojo, Pulau Babua. Maluku Utara juga terdapat underwater vulcano, tepatnya di Tobelo.

Stand POSSI

DE 7

Setelah itu, kami mengunjungi stand POSSI. POSSI merupakan kependekan dari Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia. POSSI diketuai oleh Laksdya TNI (Purn) Freddy Numberi. POSSI adalah organisasi nirlaba yang diakui oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI) sebagai Badan Olahraga Nasional, sekaligus sebagai anggota serta anggota Federasi Selam Dunia (CMAS). Berkantor pusat di ibu kota Jakarta. Dan POSSI menawarkan sebagai program bagi peselam dari berbagai usia dan tingkat keahlian. POSSI didirikan pada tanggal 14 Agustus 1977 bertujuan untuk membina dan mengembangkan olahragawan / aktivis selam Indonesia untuk mencapai prestasi yang maksimal di tingkat regional (ASEAN, Asia) dan Internasional.

Setelah mewawancari 5 stand, para peserta melakukan “hunting” alat-alat selam. Kami melihat-lihat banyak jenis BCD, Regulator, Wet Suit, Tabung, Skin Dive dan lain-lain. Berbagai merk dan harga ditawarkan pada pameran Deep and Extreme. Ketika melihat-lihat harga alat, hal itu mengajarkan kami untuk bisa lebih menyayangi alat. Karena harga alat yang ditawarkan pada pameran tersebut tidaklah murah. Itulah mengapa kita harus bisa lebih menghargai alat-alat yang terdapat di UKSA 387.

DE 8

Selain mengunjungi stand-stand yang ada, kami juga bertemu dengan para senior UKSA-387 yang sempat bertemu serta club selam lain dan Nadine Chandrawinata.

DE 9

(Foto dengan senior dan pengurus UKSA-387)

DE 10

(Foto bersama dengan Nadine Chandrawinata dan OSEANIK UNPAD)

Oleh : Anggota Muda XXIV

Leave a Reply