Warta

CONSERVATION Siap Digelar untuk Ketiga Kalinya

Setelah berhasil melaksanakan kegiatan ini pada tahun 2011 dan 2012, kali ini UKSA-387 UNDIP bersama dengan Bank BNI (Bank Negara […]

Setelah berhasil melaksanakan kegiatan ini pada tahun 2011 dan 2012, kali ini UKSA-387 UNDIP bersama dengan Bank BNI (Bank Negara Indonesia) dan tetap didukung oleh BTNKJ (Balai Taman Nasional Karimun Jawa) melanjutkan acara tahunan CONSERVATION. Masih dalam proyek pembuatan taman bawah laut di desa Kemujan, Kep. Karimun Jawa, tepatnya di Pantai Batu Putih. CONSERVATION ( yang juga memiliki kepanjangan dari : Coral, Natural, Serviceable, Volunteer, and Action) siap digelar untuk ketiga kalinya di tahun 2013 ini. Ada yang sudah tahu? Atau baru mendengar? Atau bahkan pernah mengikuti acara ini?

CONSERVATION merupakan suatu bentuk kegiatan acara yang murni di gagas oleh UKSA-387 UNDIP yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah Karimunjawa khususnya di bidang pariwisata bahari serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya lingkungan laut, dimana pada akhirnya masyarakat sadar bahwa keberlanjutan dalam sistem lingkungan itu perlu dijaga.

Inti dalam kegiatan ini adalah pembuatan taman bawah laut dengan design yang sudah di tentukan sekaligus membawa misi konservasi yaitu, mentransplantasi karang disuatu media yang harapannya adalah bisa me-recovery karang yang sudah rusak akibat para nelayan dahulu menggunakan bom maupun potasium untuk mencari ikan, sehingga ketika terumbu karang tersebut sudah pulih maka ikan-ikan karang yang hidup akan semakin banyak dan para nelayan tidak mengalami musim paceklik ikan lagi.

Di tahun yang ketiga ini, konsep acara yang di suguhkan agak sedikit berbeda. Tahun 2013 ini UKSA-387 UNDIP di “gandeng” oleh Bank BNI yang ikut turut serta mensukseskan acara tersebut,  hal ini merupakan bentuk nyata kontribusi Bank BNI yang peduli terhadap lingkungan. Setelah di tahun sebelumnya dilaksanakan penyempurnaan bentuk lingakaran dan penurunan tugu, maka di tahun ini kami berusaha untuk menyempurnakan bentuk taman bawah laut tersebut. Namun ini bukan tahun akhir untuk acara Conservation ini. Masih tersisa 2 tahun untuk lebih menyempurnakan taman ini, dan akan di launcing pada 2015.
Untuk itu kami mengajak, siapa pun anda, dari manapun anda, jika sudah berlisensi selam dan tertarik untuk mengikuti acara ini. Kami tunggu kalian di sini untuk ikut menjaga alam dan mangangkat ekonomi pariwisata di Kepulauan Karimun Jawa.

Salam Gelembung!

Bagi partisipan yang ingin mendaftar dalam kegiatan ini dapat mengisi form online disini

 

1 Comment

  1. theo

    min, katanya ada field trip nya juga ya keliling karimun? ke tracking mangrove, bukit karimun, shopping center sama sunset-an yaaa? keren amat acaranya? cuma 600rb?

Leave a Reply