Warta

CONSERVATION 3rd bersama BNI 46

Karimunjawa – Setelah 2 tahun sebelumnya sukses menjalankan acara serupa, Unit Kegiatan Selam 387 (UKSA-387) Universitas Diponegoro kembali menggarap acara […]

Karimunjawa – Setelah 2 tahun sebelumnya sukses menjalankan acara serupa, Unit Kegiatan Selam 387 (UKSA-387) Universitas Diponegoro kembali menggarap acara yang bertemakan lingkungan dan pariwisata bahari. CONSERVATION 3rd (Coral, Natural, Servicable, Volunteer, and Action 3rd) merupakan acara yang digagas oleh UKSA-387 UNDIP dan sudah berjalan selama 3 tahun sampai saat ini. Acara ini merupakan bentuk kepedulian sekumpulan mahasiswa dari seluruh Indonesia akan kelestarian lingkungan khususnya lingkungan yang berada di laut. Karena peserta yang ikut andil dalam acara ini bukan hanya dari lingkungan Universitas Diponegoro dan Semarang saja, melainkan dari lingkup universitas di seluruh indonesia. Pada tahun 2013 ini, 2 orang teman kita dari Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Fisheries Diving Club (FDC) ikut memeriahkan acara ini. Nun (20) dan Azhar (21) merupakan mahasiswa S1 Fakultas Perikanan dan Kelautan yang sangat antusias mengikuti rangkaian acara CONSERVATION 3rd ini.

Di tahun 2013 ini, puji syukur UKSA-387 cukup banyak mendapat dukungan untuk tetap melanjutkan acara ini. Diantaranya dari salah satu Bank Swasta terkemuka di Indonesia, yaitu Bank Negara Indonesia (BNI). Dengan program CCR-nya, BNI sangat fokus pada komunitas-komunitas yang sangat peduli akan kelestarian lingkungan. Maka dari itu BNI mendukung penuh acara CONSERVATION 3rd. Kita sangat tahu bahwa saat ini keadaan di bumi sangat tidak menentu baik cuaca maupun iklimnya akibat pemanasan global, dari hal itu BNI berharap program ini bisa sedikit membantu berperan dalam hal pelestarian lingkungan, agar di kemudian hari para volunteer lingkungan semakin bertambah banyak.

cons3-2

Pada kegiatan kali ini, UKSA-387 memusatkan pokok acara dengan melengkapi kontruksi taman bawah lautnya. Komponen kontruksinya antara lain: 6 buah fish sherlter, 2 buah gapura, 4 buah pagar untuk sisi samping, dan 4 buah bangku taman. Dengan desain taman seperti tertera di sini. Kesemua komponen tersebut sekarang sudah berhasil turun kelaut dan sudah bisa di nikmati oleh penyelam lain. Keberadaan taman bawah laut UKSA-387 berada di Pantai Batu Putih, Desa Batulawang, Kemujan.

Acara ini juga di dukung oleh Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa, sebagai instansi yang berwenang dan mempunyai peraturan untuk mengelola kawasan di Karimunjawa. Berbagai ide, gagasan, dan masukan dari berbagai pihak terus datang silih berganti demi makin baik dan berkembangnya acara ini. Kegiatan Conservation direncanakan akan rampung pada tahun 2015 dan akan resmi dibuka sebagai tempat destinasi wisata baru di Karimunjawa. Harapan dari kegiatan ini adalah bisa bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya bagi masyarakat Desa Batulawang, Kemujan. Selain bergiat untuk pelestarian lingkungan, semoga kegiatan ini bisa menginspirasi pemuda Indonesia agar bisa membuat hal yang bermanfaat bagi bangsa ini. (Fajar/XIX)

cons3-3

cons3-4

 

1 Comment

  1. theo

    wiiih, korlapnya ganteng.
    taun ke 4 ama ke 5 bakal lebih seru lagi nih sepertinya.. kereeeeeen

Leave a Reply