Conservation 2016 : Resilience, Replant, and Recreation

Gagasan mahasiswa-mahasiswa anggota Unit Kegiatan Selam 387 Universitas Diponegoro (UKSA-387 UNDIP) yang bergerak di bidang konservasi dan pariwisata untuk membangun Taman Bawah Laut (TBL) telah terealisasi melalui kegiatan CONSERVATION 2016 pada pertengahan Agustus lalu, tepatnya 12-16 Agustus 2016 di Perairan Mrican, Karimunjawa.peta-conservationJumat, 12 Agustus 2016 pukul 02.00 WIB dini hari dilaksanakan pelepasan tim keberangkatan CONSERVATION 2016 menuju Karimunjawa. Setibanya di Karimunjawa, tim segera menuju lokasi kegiatan pembagian life jacket dan melakukan serah terima dengan pihak Indonesia Eximbank. Tidak hanya pembangunan TBL, UKSA-387 UNDIP bersama klub selam REDFISH dari Perikanan UNDIP, juga membagikan 600  life jacket bagi para pengguna kapal motor wisata di Kepulauan Karimunjawa yang dihadiri oleh Camat Karimunjawa, Bapak Muhammad Taksinul Khuluq. Beliau mengatakan bahwa Karimunjawa merupakan tujuan wisata unggulan yang dikunjungi turis lokal maupun mancanegara. Selain kebersihan dan kelestarian lingkungan, penting bagi masyarakat dan turis untuk memperhatikan keselamatan, itulah mengapa tiap kapal motor wisata wajib menyediakan baju pelampung atau life jacket.

conserv-3conserv-4

Kegiatan pembangunan taman bawah laut dimulai pada hari Sabtu, 13 Agustus 2016. Tiba di lokasi TBL pukul 08.30 WIB, penyelaman pertama dilakukan untuk membuat skema atau menandai luasan TBL dengan tali sehingga mempermudah peletakan konstruksi. Penyelaman kedua ialah menurunkan seluruh bangunan TBL ke dasar. Penyelaman ketiga ialah penurunan bangunan yang tersisa (meja transplan), dilanjutkan dengan penyelaman keempat yaitu peletakan tiap bagian bangunan sesuai desain atau konstruksi yang ada.

Taman Bawah Laut seluas 10 m2 didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai taman sesungguhnya yang memiliki gapura, tugu, dan lain-lain. Hiasan taman pun diadaptasi yaitu mengganti tumbuhan dan bunga dengan karang-karang hasil transplantasi anggota UKSA-387 UNDIP, sehingga tidak hanya menarik untuk tujuan penyelaman, tapi juga melestarikan ekosistem terumbu karang.

conserv-8 conserv-11

Transplantasi dilakukan pada hari Minggu, 14 Agustus 2016. Bibit transplan diambil dari P. Sambangan dan dilakukan serah terima dengan pihak PT Pura Barutama. Transplantasi dilakukan pada dua tempat yaitu dekat indukan karang dan pada meja transplan di sekitar tugu utama TBL.

conserv-14

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi mahasiswa di bidang pengabdian masyarakat, didukung oleh Indonesia Eximbank, PT Pura Barutama, dan tak lupa Balai Taman Nasional Karimunjawa yang telah membantu sejak proses perencanaan lokasi Taman Bawah Laut hingga akhirnya terlaksana. Besar harapan bahwa kegiatan ini tidak hanya melestarikan lingkungan, tapi juga mampu menginspirasi dan mewujudkan ekowisata bahari yang kreatif.

Oleh : Amelia (U-XXII)

Leave a Reply