Cetakkan 3D Coral Reef Terbesar di Dunia

Halo Buddies! Semakin majunya zaman, perkembangan teknologipun juga semakin canggih. Tentu dari semakin canggihnya teknologi diharapkan dapat memberi solusi dari ragam masalah yang ada di dunia. Baru – baru ini, sekelompok ilmuwan yang bergerak dibidang Marine Biologist, telah menciptakan cetakkan 3D Coral Reef di Melbourne, Australia. Teknologi ini dikembangkan dengan pemodelan komputer yang ada di Reef Design Lab .Tujuan dari pembuatan model 3D Coral Reef ini untuk membantu pemulihan terumbu karang yang berada di Summer Island, Maladewa yang terkena dampak dari pemanasan global, perubahan iklim dan polusi lingkungan.

 

Foto Oleh : AFP Relaxnews

Kecanggihan dari teknologi ini mampu mendesain struktur dari terumbu karang buatan mirip dengan struktur terumbu karang yang berada di alam, khususnya di Maladewa. Material dari model 3D ini disematkan kalsium karbonat yang biasanya ditemukan pada terumbu karang. Proses dari pencetakkan model ini memakan waktu sekitar 24 jam. Cetakkan 3D Coral Reef ini ternyata juga dinobatkan sebagai World’s Largest 3D-printed Reef lho Buddies!

Setelah model 3D Coral Reef ini selesai dicetak, cetakkan ini dikirim ke Summer Island, Maladewa. Cetakkan ini dirakit dan ditransplantasikan sekitar 7 meter di bawah permukaan laut bersama terumbu karang hidup. Ilmuwan berharap dengan pemasangan terumbu karang buatan ini mampu menolong terumbu karang di Maladewa pulih kembali dalam kurun waktu 2 hingga 3 tahun ke depan. Jika harapan ini terwujud, maka teknologi ini dapat dijadikan salah satu solusi dalam membantu pemulihan terumbu karang akibat dari pemanasan global, perubahan iklim dan polusi lingkungan.

Sumber : Link

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.