Seputar Senior

Andreas Muljadi

Nama : Andreas Hary Muljadi Nama Panggilan : Andre Birthday : 27 April 1971 Pekerjaan : Monitoring & Surveillance Coordinator […]

Nama : Andreas Hary Muljadi
Nama Panggilan : Andre
Birthday : 27 April 1971
Pekerjaan : Monitoring & Surveillance Coordinator
Angkatan UKSA : III
Sertifikat : Instruktur B1 POSSI

andreasmulyadi

 A. SEPUTAR PRIBADI

1. Berapa lama di Raja Ampat? Dan berapa lama gabung di TNC?

Saya bergabung dengan lembaga The Nature Conservancy (www.nature.org) sejak tahun 1998, dan telah bertugas di Raja Ampat selama 5 tahun.

2. Apa tugas Mas Andre di TNC?

Di TNC CTC Raja Ampat saya sebagai: Monitoring & Surveillance Coordinator, bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan monitoring biologi laut seperti pemanfaatan sumber daya laut, kesehatan karang, lokasi pemijahan ikan karang dan pengamatan insidental.

3. Di websitenya Mas Andre, lokasi penyelamannya banyak sekali,menurut Mas yang paling menarik dimana dan kenapa?

Setiap tempat mempunyai keunikan tersendiri dan setiap penyelaman memiliki kesan tersendiri, selalu ada kejutan dan pengalaman baru.
Saya bertemu kumpulan pari Manta yang anggun di Karang Makasar atau Manta Alley di TN Komodo. Kalau terumbu karang yang beranekaragam bisa saya temui di banyak tempat seperti TN Komodo & Raja Ampat. Bertemu banyak penyu di Derawan, Kalimantan Timur atau di Wayag Raja Ampat. Agregasi ikan kakap terbesar yang pernah saya jumpai saat menyelam ada di Gladden Spit, Belize, kalau agregasi pemijahan ikan kerapu di Pohnpei, Micronesia.

Dive site favorit saya saat ini adalah depan kantor saya di Kofiau, Raja Ampat.

Lokasi nya persis di depan kantor TNC di pulau Deer, Kofiau – Raja Ampat. Turun di dermaga sesaat sebelum matahari tenggelam. Di kedalaman 3-4 meter kita dapat bertemu flounder, cleaner shrimp, muray eel, terkadang octopus, leaf fish ataupun decorator hermit crab. Turun ke 10 meter dimana karang anacropora bercampur segala sampah rumah tangga seperti ban bekas, tempat oli maupun dedaunan kering atau batok kelapa. Tempat ini merupakan tempat tinggal biota-biota laut nan cantik. Mandarin fish dengan corak warna yang eksotis menari dan berkejaran diantara rimbunan karang, scorpion fish, sotong pigmi dan frogfish kerap kita jumpai. Turun lagi sampai ke 15 meter merupakan padang lamun dan karang-karang yang baru tumbuh dimana bisa dijumpai jenis-jenis nudibranch yang cantik dan unik. Saat beruntung kita dapat berjumpa dengan Halimeda Ghost Pipefish yang langka.

4. Kapan Mas Andre menjadi Instruktur POSSI? (Selamat ya Mas,sudah mejadi Instruktur)

Menjadi seorang instruktur selam merupakan salah satu keinginan saya untuk mengembangkan selam, dimana saya dapat memberi pelajaran dan sertifikat menyelam bagi orang lain.

Setelah bertahun-tahun berusaha mencari informasi kapan ada pelatihan kursus POSSI/ CMAS, akhirnya pada tahun 2006 kesempatan itu datang. Dengan sponsor dari TNC saya dapat mengikuti kursus untuk mendapatkan instruktur selam B1 POSSI/ CMAS.

5. Mas Andre kapan pulang ke Semarang? Kapan-kapan kalau Mas Andre ke Semarang main ke Base camp UKSA.

Saya pulang Semarang sekali dalam 2 tahun untuk mengunjungi orangtua saya yang tinggal di daerah Banyumanik. Saya dengan senang hati akan singgah untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman UKSA bila saya ada kesempatan pulang ke Semarang lagi.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply